TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Terus Tingkatkan Sinergitas Untuk Sukseskan Ketahanan Pangan di Aceh Jaya

By 22 Nov 2017 14:40Kodam Iskandar Muda
bra8a

TNI AD – Calang. Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0114/Aceh Jaya Mayor Inf Drs. Wawan Hermawanikut menggelar kegiatan Gerakan Tanam Perdana Kedelai Kabupaten Aceh Jaya Tahun 2017, bertempat dilokasi kelompok tani Ujong Paya Tu Desa Ranto Sabon Kec. Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya, Selasa (21/11/2017).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Aceh Jaya Tgk. Yusri, Kabag Ops Polres Aceh Jaya, Kadistanbun Pemprov Aceh, Ketua DPRK Aceh Jaya, Kadistanbun Aceh Jaya, Kepala BPS Aceh Jaya, Kadis Pangan Aceh Jaya, Kepala Bapeda Aceh Jaya, Muspika Kec. Sampoiniet, Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 0114/Aceh Jaya, Ketua BPP Kec. Sampoiniet dan Darul Hikmah, PPL Kec. Sampoiniet, Kader Pertanian dari Fakuktas Pertanian Unsyiah Banda Aceh, Aparatur Desa di Kemukiman Pante Purba Kec. Sampoiniet serta Petani dan Masyarakat sekitar.

Kadis Pertanian Aceh Jaya Teuku Muflizar menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan hari pertama penanaman kedelai di Kab. Aceh Jaya dengan titik nol di Desa Ranto Sabon Kec. Sampoiniet Kab. Aceh Jaya. Menurut Teuku Muflizar, kedelai yang akan ditanam ini berasal dari bibit yang telah di uji laboratorium sebelumnya, sehingga diharapkan dapat menghasilkan produksi yang melimpah, terlebih program ini dibantu oleh semua pihak yang ada di wilayah Aceh Jaya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bpk Amirudin tokoh masyarakat setempat mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah untuk membantu petani dalam mengembangkan komoditi pertaniannya. Dirinya juga mengharapkan kepada pemerintah setempat untuk terus membatu para petani khususnya dukungan terkait peralatan pertanian. “Kami masyarakat Desa Ranto Sabon sangat membutuhkan alat – alat pertanian modern untuk kemajuan dan kesejahteraan pertanian kami,” ungkapnya.

bra8b

Dalam kesempatan tersebut, Kadistanbun Pemprov Aceh Hasanudin Sarjo menjelaskan bahwa dahulu daerah ini merupakan penghasil komuditi jeruk yang sangat terkenal. Sehingga dirinya mengajak kepada para petani untuk mengembangkan kembangkan kembali pertanian jeruk di wilayah Aceh Jaya.

Terkait dengan tanam perdana kedelai yang sebentar lagi dilakukan, dirinya berharap semoga kegiatan ini menjadi motivasi bagi para petani di daerah lain. “Perhatian pemerintah untuk petani di komoditi Pajale sangat besar, semoga ini semua menjadi dorongan bagi kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa MoU yang telah dilakukan pemerintah dengan TNI sangat membantu petani. Dimana satuan teritorialnya sangat membantu banyak dalam pengembangan hasil komoditi pertanian kita. “Lakukan sistem tanam tumpang sari agar petani tidak jenuh dalam kegiatan pertanian dan ini sangat dianjurkan,” pintanya.

Saat ini tingkat kesejahteraan masyarakat Aceh Jaya sudah meningkat, terutama yang bermata pencarian Petani. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Aceh Jaya Tgk. Yusri dihadapan masyarakat Aceh Jaya. Menurutnya lahan tidur di Aceh Jaya sangat luas dan Pemkab Aceh Jaya sangat mendorong untuk di garap sebagai lahan pertanian sehingga komuditi Pajale menjadi prioritas untuk di kembangkan agar Aceh Jaya menjadi lumbung komoditi tersebut di tingkat nasional. Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan dan mengolah komoditi pertanian lokal Aceh Jaya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Iskandar Muda Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Terus Tingkatkan Sinergitas Untuk Sukseskan Ketahanan Pangan di Aceh Jaya