TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Antisipasi Hama, Koramil Ambulu Bersama Masayarakat Tanam Refugia

By 24 Dec 2017 18:24Kodam V/Brawijaya
IMG_20171224_182124

TNI AD – Jember. Hari Sabtu pagi, 23 Desember 2017, dimanfaatkan anggota Koramil 0824/24 Ambulu dan warga Desa Andongsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, untuk melaksanakan kerja bakti. Sejak pukul 08.00 WIB, masyarakat yang berasal dari empat dusun, yaitu Dusun Krajan, Dusun Karang Templek, Dusun Watukebo, dan Dusun Tirtosari, mulai melakukan pembersihan jalan menuju persawahan.

Babinsa setempat, Serda Budiono, tampak ikut membantu kerja bakti. Selain itu, hadir juga para Kepala Dusun dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) di tengah-tengah masyarakat. Tercatat ada 197 orang yang ikut andil dalam kegiatan ini.

2a

Sasaran kerja bakti kali ini adalah pembersihan kanan kiri jalan sepanjang 1000 meter serta penanaman bunga refugia yang dikenal sebagai pembasmi hama. Menurut Petugas Penyuluh Lapangan, Lita H., penanaman bunga refugia merupakan tindakan preventif terhadap serangan hama di musim tanam padi saat ini.

Danramil 0824/24 Ambulu, Kapten Inf. Asno, saat dikonfirmasi, membenarkan adanya kegiatan yang melibatkan anggotanya tersebut. Menurutnya, kegiatan ini memberi banyak manfaat. Selain untuk membantu petani mempersiapkan musim tanam, penanaman bunga refugia di kanan kiri jalan juga memberi estetika tersendiri.

Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol Inf. Rudianto, memberi pernyataan serupa saat dikonfirmasi. Di mata Dandim Jember ini, kegiatan yang dilakukan anggotanya bersama masyarakat Desa Andongsari merupakan upaya alami dalam pembasmian serangga. Dengan adanya bunga refugia, pemakaian insektisida atau obat kimia lainnya dapat dikurangi. Dampaknya tentu akan menyehatkan hasil panen nanti. (sis24)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Antisipasi Hama, Koramil Ambulu Bersama Masayarakat Tanam Refugia