TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrindam Jaya Lantik 95 Personel Yudha Wastu Pramuka

By 04 Dec 2017 16:10Kodam Jaya
4a__2_

TNI AD – Komandan Rindam Jaya/Jayakarta, Kolonel Inf. Anton Yuliantoro, memimpin upacara pelantikan 95 personel Yudha Wastu Pramuka, Siswa Pendidikan Kejuruan Tamtama Infanteri Arbit Dikmata TNI AD Gelombang I TA. 2017. Upacara berlangsung di Lapangan POSAL Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Tangerang, Banten, pada hari Sabtu, 2 Desember 2017.

Dalam sambutannya, Kolonel Inf. Anton Yuliantoro membacakan amanat Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri Kodiklat TNI AD, Mayjen TNI Surawahadi, yang berisi bahwa Latihan Yudha Wastu Pramuka dan tradisi pembaretan merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dari perjalanan hidup seorang Prajurit Infanteri.

“Karena itu, saya berharap tujuan dan sasaran latihan ini dapat dicapai dengan baik oleh seluruh peserta,” ujarnya.

Dijelaskan lagi olehnya bahwa tradisi pembaretan dan penyematan brevet kualifikasi Yudha Wastu Pramuka adalah sebuah pengakuan dan penghargaan bagi para siswa.

4a__1_

Selain itu, baret dan brevet Infanteri juga menjadi lambang kehormatan bagi Prajurit Infanteri yang menyimbolkan kemampuan bertempur, layaknya Queen of Battle. Seorang Prajurit Infanteri mampu bergerak di setiap medan mulai dari hutan, gunung, rawa, laut, sungai, hingga pantai. Kemampuan ini tidak dimiliki prajurit dari kecabangan lain.

“Selain itu, latihan ini juga untuk memupuk jiwa korsa dan kebersamaan di antara warga Korps Infanteri, sekaligus menanamkan nilai juang,” tandas Arbituren Akmil 1991 ini.

Di akhir amanatnya, Danrindam Jaya/Jayakarta berpesan kepada siswa agar selalu menjadikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI sebagai pedoman. Prajurit juga harus menjalankan setiap tugas dan kewajiban tanpa keraguan serta tidak boleh melupakan jati diri sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional.

“Dengan semboyan Yudha Wastu Pramukha, Prajurit Infanteri harus mampu melaksanakan pertempuran terdepan. Menjadi penentu kemenangan dalam pertempuran jarak dekat di darat, dengan tugas pokok mencari, mendekati, dan menghancurkan musuh, serta merebut, menguasai, dan mempertahankan medan,” pungkasnya.

Ikut serta dalam upacara, Dankodiklat Rindam Jaya/Jayakarta, Letkol Inf. Zamril Philiang, yang bertindak sebagai komandan upacara. Sementara itu, hadir sebagai undangan antara lain, Kabaklat Rindam Jaya Kolonel Inf. Handoko, Danposal Tanjung Pasir, Lettu Laut (P) Wahyudin, beserta jajaran, Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Cabang Rindam Jaya, serta para orangtua Tamtama Infanteri.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrindam Jaya Lantik 95 Personel Yudha Wastu Pramuka