TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil 0815/08 Dawarblandong Didik Generasi Muda Berkarakter

By 05 Dec 2017 19:00Kodam V/Brawijaya
14a__6_

TNI AD – Mojokerto. Danramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815 Mojokerto yang diwakili Bati Komsos Pelda Sampuri menutup pendidikan dan latihan (Diklat) Saka Wira Kartika (SWK) di Makoramil 0815/08 Dawarblandong Desa Pulorejo Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto, Minggu (3/12/2017).

Kegiatan Diklat yang dilaksanakan selama dua hari (Sabtu s.d Minggu) tersebut, diikuti oleh 57 orang siswa-siswi SLTA yang terdiri dari 27 putra dan 30 putri. Dimana mereka tergabung dalam Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika Ranting Koramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815 Mojokerto.

Kegiatan Diklat Angkatan Ke-3 tersebut digelar sebagai salah satu upaya pembinaan pendidikan bela negara dalam membentuk kader generasi muda
yang berkarakter. Selain itu, untuk menanamkan berwawasan kebangsaan serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Bangsa guna menjaga Keutuhan NKRI.

Selama kegiatan latihan, para siswa-siswi tersebut diajarkan tentang kedisiplinan dan jiwa korsa dalam semangat kebersamaan.

Adapun kegiatan hari pertama, Sabtu (2/12/2017) anggota Saka Wira Kartika itu melakukan kegiatan lintas medan dengan rute mulai dari Desa Pulorejo menuju Desa Pucuk dan berakhir finish di Balai Desa Bangeran. Kemudian malam harinya diisi dengan Nobar Film TNI dengan judul Rajawali di Balai Desa Bangeran bersama anak-anak remaja sekitar.

14a__1_

Sedangkan pada Minggu (3/12/2017) mereka melanjutkan kegiatan Lintas Medan yang dimulai dari Balai Desa Bangeran dengan route melintasi areal persawahan dan hutan di wilayah Desa Jatirowo – Desa Pulorejo.

Selama kegiatan itu, anggota Saka Wira Kartika harus melewati 4 pos. Tiap pos tersebut panitia telah menyiapkan materi-materi yang harus di jalankan oleh anggota Saka Wira Kartika, yakni materi Krida Mountainering, Krida Navigasi Darat, Krida Penanggulangan Bencana Alam dan Krida Survival.

Disamping itu, mereka juga harus menjalani tradisi menempuh Badge Saka Wira Kartika di Waduk Pulorejo sebelum finish di Makoramil 0815/08 Dawarblandong.

Personel Koramil 0815/08 Dawarblandong yang dilibatkan dalam Diklat Saka Wira Kartika, antara lain Serma Mochammad Dawam, Serka Suwono, Serda Sunari, Serda Supri, Serda Udin Mohammad Muslim, Serda M. Shokip dan Kopda Yusuf.

Untuk diketahui, Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat sebagai patriot Bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa dan tetap menjaga keutuhan NKRI. (Penrem 082/CPYJ)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam XII/Tanjungpura Kodam II/Sriwijaya Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam IV/Diponegoro Dinas Penerangan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil 0815/08 Dawarblandong Didik Generasi Muda Berkarakter