TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Lomba PBB dan Yel-yel, Meriahkan HJK 2017 di Kodam IM

By 13 Dec 2017 18:40Kodam Iskandar Muda
8a__5_

TNI AD – Dalam rangka memeriahkan Hari Juang Kartika (HJK) 2017, Kodam Iskandar Muda (Kodam IM) mengadakan perlombaan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Yel-yel. Lomba PBB dan yel-yel tersebut dilaksanakan di Lapangan Hitam Rindam Iskandar Muda, Mata Ie, Aceh Besar, Selasa (12/12/17).

Lomba PBB dan Yel-yel tersebut diikuti 13 peleton, yaitu dari satuan Paldam IM, Topdam IM,. Hubdam IM, Bekangdam IM, Kesdam IM, Ajendam IM, Zidam IM, Pomdam IM, Jasdam IM, Kodim 0101/BS, sementara untuk Minvedcad IM bergabung dengan Pendam IM dan Bintaldam, Demadam IM bergabung dengan Infolahtadam serta Kumdam bergabung Kudam IM.

8a__3_

Adapun materi yang dilombakan terdiri dari tiga kelompok materi seperti , cara berkumpul (teknik berkumpul, pundak kiri senjata, lencang kanan, tegak senjata, sikap istirahat, penghormatan umum dan laporan), kemudian gerakan di tempat dan gerakan perpindahan tempat. Masing-masing peserta diberikan durasi waktu 20 menit.

Ketua lomba Irdam IM Kolonel Inf Fajar Budiman, S.I.P. diwakili Komandan Rindam IM Kolonel Inf Niko Fahrizal dalam sambutannya menjelaskan bahwa PBB adalah suatu wujud latihan fisik yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan militer dengan tujuan untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan dan disiplin.

“ Dengan sikap disiplin senantiasa mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tidak langsung juga dapat menanamkan rasa tanggungjawab” ujar Danrindam.

Sementara untuk lomba Yel-yel sendiri digelar untuk menambah ramai suasana. Yel-yel itu sendiri untuk meningkatkan dan menumbuhkan semangat para prajurit dalam keadaan tertentu guna tetap terpeliharanya mental dan moril para prajurit terutama yang akan melaksanakan tugas-tugas yang membutuhkan kestabilan emosional.
Setelah melakukan penilaian oleh tim juri , juara I lomba PBB yaitu Hubdam IM dengan nilai (880,42), juara II Ajendam IM (876,13), juara III Paldam IM (876,11), Juara IV Kodim 0101/BS (872,34). Sedangkan untuk juara lomba Yel-yel, juara I Kesdam IM (94), juara II Kodim 0101/BS (93,8) dan juara III Ajendam IM (92). (Pendam IM)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Lomba PBB dan Yel-yel, Meriahkan HJK 2017 di Kodam IM