TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peringati 13 Tahun Tsunami Aceh, Pangdam IM dan Gubernur Aceh Ikut Doa Bersama

By 27 Dec 2017 17:15Kodam Iskandar Muda
bra7a

TNI AD – Banda Aceh. Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachrudin S.Sos., menghadiri peringatan 13 tahun musibah Gempa dan Tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004 lalu. Peringatan tersebut dipusatkan di halaman Masjid Al Ikhlas, Gampong Meunasah Masjid, Kecamatan Leupung, Aceh Besar, Selasa (26/12/2017).

Peringatan 13 Tahun Tsunami ini mengusung tema “Melawan Lupa, Bangun Kesadaran Masyarakat Menuju Budaya Siaga Bencana.”

Selain Pangdam IM, dalam peringatan itu nampak hadir juga Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Wagub Aceh Nova Iriansyah, Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak dan sejumlah unsur Forkopimda Aceh serta ribuan masyarakat Aceh.

bra7b

Dalam peringatan 13 tahun Tsunami itu dilaksanakan tahlil dan zikir bersama yang dipimpin oleh Tengku Zamhuri Ramli, LC., dan ditutup dengan Tausyiah dan Doa bersama oleh Ir. Faisal Ardiansyah, M.Si., untuk arwah para korban bencana Tsunami.

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dalam sambutannya mengatakan bahwa peristiwa Tsunami 13 tahun lalu tidak hanya menghancurkan harta benda, sarana dan prasarana yang ada, tapi juga merenggut ratusan ribu nyawa warga Aceh.

“Tragedi kemanusiaan terbesar yang terjadi di abad modern ini sudah seharusnya menyadarkan kita semua, betapa kecil dan tidak berdayanya kita di hadapan kemahakuasaan Allah SWT,” ujar Irwandi.

Lebih lanjut Irwandi menyampaikan, peringatan ini akan menjadi momentum bagi seluruh masyarakat Aceh khususnya dan masyarakat di luar Aceh pada umumnya untuk selalu membangun kewaspadaan diri dan budaya siaga bencana dalam menghadapi berbagai ancaman bencana lainnya di masa akan datang.

“Melalui semangat peringatan ini, mari kita semua untuk lebih memperkuat semangat keikhlasan dan mempertegas komitmen agar kita terus membangun prilaku positif dan amanah. Sekaligus menciptakan berbagai perubahan menuju Aceh yang lebih baik, amanah dan bermartabat,” ujar Irwandi.

Irwandi juga mengajak semua pihak di Aceh untuk bersatu padu membangun Aceh yang lebih baik lagi ke depan dengan penuh keikhlasan dan semangat kerja.

Selain itu, Irwandi juga mengajak masyarakat untuk tetap kuat dan tidak pernah menyerah dalam menghadapi cobaan.

“Mari kita berserah diri kepada Allah SWT, tapi jangan pernah berhenti berjuang. Paling tidak inilah semangat yang bisa kita petik dari setiap bencana yang pernah dialami umat manusia di dunia ini,” katanya.

Pantauan lokasi, saat acara itu berlangsung, Kota Banda Aceh dan sekitarnya terlihat sepi. Hal ini karena banyak masyarakat berbondong-bondong datang ke lokasi acara. Bukan hanya itu, warga yang tidak bisa ikut hadir langsung, tetap berdoa di rumahnya masing-masing. (Pendam IM).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam VI/Mulawarman Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peringati 13 Tahun Tsunami Aceh, Pangdam IM dan Gubernur Aceh Ikut Doa Bersama