TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Terima Kasih Babinsa, Sekarang Sumber Air so Dekat

By 02 Dec 2017 January 18th, 2018 Kodam XVI/Patimura
5a__2_

TNI AD – Jailolo -Bagi sebagian besar orang, judul di atas bisa jadi hanya dianggap sebagai iklan air minum kemasan biasa. Namun bagi Masyarakat Desa Ulo Kecamatan Jailolo Halmahera Barat, kondisi itulah yang justru sangat diharapkan. Desa yang terletak di antara ibukota Kabupaten Jailolo dan Sidangoli ini berada di dataran tinggi, sehingga air menjadi komoditas langka bagi mereka. Selama ini, warga hanya mengandalkan air tadah hujan. Apabila musim kemarau berkepanjangan, masyarakat terpaksa mengandalkan sumber mata air terdekat di Dusun Bukubualawa yang berjarak lebih dari 3 Km dengan akses jalan yang curam.

5a__3_

Prihatin dengan kondisi tersebut, Babinsa Koramil 1501-03/Jailolo, Koptu M. Pattiopeolohi, mempunyai ide untuk membuat saluran air dengan memanfaatkan alokasi dana desa. Gayung pun bersambut. Kepala Desa dan seluruh warga sangat senang sehingga langsung menyetujui program pengaliran air tersebut. Survei pun segera dilakukan untuk menentukan lokasi sumber mata air. Setelah dicek, ternyata mata air pertama membutuhkan bantuan mesin pompa walaupun jaraknya hanya 3 km. Kendalanya ada pada kondisi listrik yang belum stabil sehingga sering terjadi pemadaman. Mata air kedua pun dipilih. Meskipun berjarak kurang lebih 7 Km, mata air ini berada di ketinggian sehingga air mampu mengalir meskipun tanpa bantuan alat pompa tambahan.

Dalam pengerjaan proyek, Kepala Desa mengerahkan seluruh masyarakat untuk bersama-sama bekerja bakti membuat saluran air. Lama pengerjaan diperkirakan menghabiskan waktu sepekan, mulai dari pembuatan alur hingga pemasangan pipa. Setelah itu, air bersih pun dapat segera dialirkan ke lokasi pemukiman warga.

Kepala Desa Ulo, Frederik Doraka, saat ditemui awak media menyampaikan bahwa dirinya dan seluruh warga sangat mendukung gagasan Babinsa karena hal tersebut sangat membantu warga dalam mengakses air bersih.

“Dengan menggunakan dana ADD kita mewujudkan “Desa Ulo So Dekat Deng Sumber Air’,” pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 1501/Ternate, Letkol Inf Abd Razak Rangkuti menyampaikan bahwa dirinya telah menerima laporan dari Perwira jajarannya yaitu Danramil 1501-03/Jailolo, Kapten Inf Hidayah, perihal pembangunan saluran air.

“Kita mendukung penuh serta saya menginstruksikan untuk melaporkan apabila mendapatkan kendala teknis maupun non teknis dilapangan sehingga kita dapat segera mencarikan solusinya karena program tersebut sangatlah bagus untuk membantu kesulitan masyarakat di wilayah binaan kami,” ujar Dandim. (Penrem 152)

Join the discussion One Comment

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Terima Kasih Babinsa, Sekarang Sumber Air so Dekat