TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Terus Tanamkan Jiwa Nasionalis Kepada Generasi Muda

By 01 Dec 2017 16:37Kodam V/Brawijaya
bra10b

TNI AD – Kediri. Agenda khusus wawasan kebangsaan nasional kali ini digelar di SMA Islam Hidayatut Thullab Semen Kediri, Kamis (30/11/2017). Kegiatan tersebut langsung disambut baik Muhlisin Spd.I selaku kepala sekolah SMA Islam Hidayatut Thullab.

Dikatakan Muhlisin bahwa dirinya berharap besar dengan adanya kegiatan ini bagi anak didiknya, terutama mengenai cinta tanah air.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan akan tertanam jiwa nasionalisme dan cinta tanah air di diri anak-anak. Tentunya untuk menyikapi segala sesuatu yang dilihat dan didengar mereka,” harapnya.

“Apalagi saat ini media sosial dominan sedikit banyak mempengaruhi pola pikir anak-anak. Sehingga dengan wawasan yang luas mereka akan bisa menyaring pemberitaan mana yang harus diterima dan yang harus ditolak,” tegasnya.

Sementara itu, dalam kegiatan yang bertemakan “Bhinneka Tunggal Ika Untuk Semua” ini,
Kapten Inf Arifin Effendi menekankan kepada siswa/siswi untuk lebih hati-hati mendengar dan melihat apa saja yang ada di media sosial, terlebih konten-konten yang sensitif pada perpecahan dan radikalisme.

Menurutnya, Bhinneka Tunggal Ika adalah fakta yang tidak bisa dipungkiri dan harus dipahami betul-betul, khususnya toleransi dalam keberagaman.

“Media sosial merupakan sarana yang bisa berdampak positif juga bisa berdampak negatif, sehingga semua itu perlu kecermatan dan kebijakan yang berpandangan luas,” ucapnya.

Terkait hal tersebut, Danramil juga mengingatkan kepada para siswa-siswi di sekolah tersebut untuk menghindari provokatif yang bisa menimbulkan perpecahan, serta jangan mudah percaya terhadap pemberitaan yang belum pasti (hoax),” ujar Kapten Inf Arifin Effendi.

Selain materi tentang wawasan kebangsaan, namun siswa-siswi sekolah itu diajak untuk bermain games interaktif. Games ini dilakukan untuk menumbuhkan jiwa korsa serta menanamkan sifat kebersamaan. Selama permainan berlangsung mereka memperlihatkan raut wajah ceria dan bersemangat. (Penrem 082/CPYJ)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Terus Tanamkan Jiwa Nasionalis Kepada Generasi Muda