TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Memasuki Tahapan Pilkada Tahun 2018, Kodim 1402/Polmas Gelar Apel Kesiapan.

By 08 Jan 2018 21:06Kodam XIV Hassanudin
bra5a

TNI AD – Kodim 1402/Polmas melaksanakan apel kesiapan memasuki tahapan Pilkada serentak tahun 2018 di dua kabupaten yakni Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Mamasa. Kedua wilayah tersebut merupakan wilayah teritorial Kodim 1402/Polmas. Apel kesiapan pengamanan Pilkada dipusatkan di Lapangan upacara Makodim 1402/Polmas, Senin (08/01/2018).

bra5b

Dalam sambutannya Komandan Kodim 1402/Polmas Letkol Arh Dedi Setia Arianto menegaskan kepada Babinsa agar berpedoman lima kemampuan teritorial dan pegang teguh sikap teritorial dalam melaksanakan tugas di wilayah guna mencegah terjadinya konflik sosial dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2018.

“Peran Babinsa bersama aparat lain dan masyarakat bersinergi dalam deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi kerawanan dan isu strategis di wilayah guna menciptakan kodisi yang aman dan damai dalam dalam menghadapi Pilkada serentak Tahun 2018 di wilayah Kodim 1402/Polmas,”tegas Dandim.

Dandim kembali menegaskan jangan sampai terjadi konflik sosial. Pada tahap pencegahan inilah upaya Babinsa sangat diperlukan dengan berpegang teguh pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI dalam setiap melakukan tugas untuk mendukung kesuksesan dalam pelaksanaan tugas pokok TNI.

Lebih lanjut Dandim mengatakan bahwa prajurit Kodim 1402/Polmas harus tetap menjaga Netralitas TNI sesuai yang diamanahkan dalam undang-undang.

Menurutnya, sesuai UU No 34 tahun 2014, tugas pokok TNI Operasi Militer Selain Perang ( OMSP ), didalamnya tercantum tentang tugas TNI yaitu membantu pemerintah daerah dan membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Diantara tugas TNI adalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat yang di atur dalam undang-undang, salah satunya adalah penanganan konflik sosial,” terangnya.

Usai melakaukan pemeriksaan pasukan, Dandim didampingi Kasdim dan Komandan unit Intel Kodim melaksanakan pemeriksaan kendaraan dinas para Danramil dan Babinsa.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Memasuki Tahapan Pilkada Tahun 2018, Kodim 1402/Polmas Gelar Apel Kesiapan.