Skip to main content
Berita Satuan

Prajurit Indobatt Dibekali Cara Menjadi Peacekeepers Profesional

Dibaca: 412 Oleh 14 Jan 2018Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Lebanon. Sebanyak 40 Perwira TNI yang tergabung dalam Satgas Indonesian Battalion (Indobatt) Kontingen Garuda (Konga) XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) sebagai peacekeepers misi perdamaian PBB, menerima pembekalan Civil Affair di Lebanon Selatan.

Acara pembekalan ini dibuka secara resmi oleh Komandan Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.I.P., bertempat di meeting room UN-Posn 7-1, Markas Indobatt, Adchit Al-Qusayr, Lebanon Selatan, Sabtu (13/01/2018).

7A__2_

Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Arfan Johan Wihananto dalam sambutannya menyampaikan pentingnya setiap anggota terutama Perwira Kontingen Garuda untuk mampu menghadapi tantangan yang ada di Lebanon serta cepat beradaptasi dengan baik. “Kita datang ke tempat ini (Lebanon) dengan suasana yang sangat berbeda di Indonesia, dimana kita berada di tengah-tengah konflik,” ucapnya.

“Bagaimana cara kita bersikap menghadapi berbagai macam konflik yang ada sangatlah esensial bagi kita, di sini peran United Nation (UN) sangat penting untuk mengkondisikan kita agar siap bertugas,” tegas Letkol Inf Arfan Johan Wihananto.

Baca juga:  Prajurit TNI Konga XXIII-J/Unifil di Lebanon Peringati Nuzulul Qur’an

Sementara itu, Tim Civil Affair dari Sektor Timur Unifil yang dipimpin oleh Mr. Edward Tawil mengatakan bahwa peacekeepers yang profesional harus paham betul bagaimana cara bersikap sesuai dengan standar internasional dari United Nation.

Dalam pembekalannya, Mr. Edward Tawil juga menyampaikan materi singkat tentang Conflict Sentivity dan Cultural Awarness. Menurutnya, salah satu cara meminimalisir konflik di Lebanon adalah dengan memahami budaya dan adat istiadat setempat, guna meraih simpati masyarakat, sehingga kehadiran Pasukan Garuda dapat diterima dengan baik.

Kegiatan pembekalan Civil Affair ditutup dengan menyaksikan film dokumentasi keindahan Indonesia, dilanjutkan pemberian cindera mata dari Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Arfan Johan Wihananto kepada Mr. Edward Tawil.(Pen Konga XXIII-L/Unifil).

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel