TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit TNI dan Masyarakat Buat Bendungan Irigasi

By 25 Jan 2018 11:47Kodam Iskandar Muda
bra4

TNI AD-Gayo Lues. Prajurit Koramil 06/Tripe Jaya Kodim 0113/Gayo Lues bersama masyarakat mekalsanakan kegiatan gotong-royong membuat bendungan irigasi, guna mengaliri ratusan hektar persawahan warga di 3 (tiga) desa wilayah Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues, Aceh,Selasa (23/1/2018).

Kegiatan yang dipimpin Danramil Tripe Jaya Kapten Arh I Wayan Ardibawa ini, langsung diikuti warga di 3 (tiga) desa, yakni, Kampung Pasir, Uyem Beriring dan Desa Pulo Gelime. “Irigasi yang kami buat bersama ini untuk mengairi persawahan warga seluas 120 hektar, yang terdapat di 3 desa, diantaranya Desa Pasir, Desa Uyem Beriring dan Kampung Pulo Gelime,” ungkapnya.

Bahkan sambungnya, selain berguna mengairi ratusan hektar persawahan warga di 3 desa, bendungan irigasi yang dibuat ini, juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mandi dan mencuci.

Hal yang sama juga dikatakan salah seorang Babinsa setempat, Kopda Juanda Alga, bahwa masyarakat bergotong-royong membuat bendungan dari anyaman bambu yang diisi dengan batu dan diikat secara tradisional. “Sudah 3 (tiga) minggu ini lahan persawahan warga mengalami kekeringan, karena tanggul penahan air dari irigasi yang selama ini mengairi persawahan jebol, akibat derasnya air sungai,” tutur Babinsa. (Pendam IM)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit TNI dan Masyarakat Buat Bendungan Irigasi