Skip to main content
Kodam XVI/Pattimura

Renang Laut Tingkatkan Kemampuan Fisik Prajurit

Dibaca: 311 Oleh 06 Jan 2018Januari 16th, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Maluku. Dalam rangka memelihara ketangkasan renang laut, 3 (tiga) satuan yang ada di Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura melaksanakan renang sejauh 1000 meter yang diikuti 120 prajurit bertempat di Natsepa Beach, Maluku, Jumat (5/1/2018).

Renang merupakan olah raga yang sangat populer di kalangan masyarakat, tapi untuk melaksanakan renang di laut sejauh 1000 meter merupakan suatu hal yang tidak biasa dilakukan oleh kebanyakan orang.

Dengan fisik yang prima prajurit-prajurit TNI AD di 3 (tiga) satuan yakni Rindam Pattimura, Korem 161/Binaiya dan Yonif 733 melaksanakan renang laut sejauh 1000 meter dengan baik dan tanpa mengalami masalah.

WhatsApp_Image_2018-01-06_at_10.59.50

Dalam pelaksanaan renang laut ini, Satuan Resimen Induk Kodam (Rindam) XVI/Pattimura dipimpin langsung Danrindam Kolonel Inf Aswardi, S. E, Korem 151/Binaiya dipimpin Komandan Korem 151/Binaiya Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru dan Batalyon Infanteri Raider 733/Masariku yang dikomandoi Danyonif R 733/Masariku Letkol Inf Nurul Huda.

Walau laut sedikit berombak namun tak menyurutkan nyali para prajurit melaksanakan pembinaan fisik ketahanan renang.

Baca juga:  67 Tahun Pengabdian Kavaleri Tak Pernah Surut

Sebelum melaksanakan renang, para peserta terlebih dahulu melaksanakan pemanasan untuk menghindari terjadinya kram pada saat renang.

Adapun jalur renang yang dilalui adalah dengan pola bolak-balik dan dibatasi oleh seutas tali yang ditambatkan pada pelampung setiap beberapa meter. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kram pada saat pelaksanaan renang, maka tim Jasmani Rindam sebagai penyelenggara menyediakan Live Guard yang terus mengawasi setiap perenang.

Setiap peserta yang telah melaksanakan renang dan kembali ke titik awal akan dicatat waktunya. Tujuan dari pencatatan waktu tersebut menurut Wadan Rindam Kolonel Inf Alfi Sahri Lubis adalah sebagai patokan waktu
saat melaksanakan renang laut 1000 meter yang akan datang.

“Kita akan mengetahui apakah waktu yang ditempuh nanti lebih baik atau menurun dari waktu yang diambil sekarang,” ujar Wadan Rindam pada saat evaluasi kegiatan.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel