TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Respon Cepat Babinsa dan Warga Salem Atasi Talut Longsor

By 27 Jan 2018 13:04Kodam Iskandar Muda
bra6a

TNI AD – Brebes. Tanggul sungai atau plengsengan irigasi di Desa Bentarsari RT. 01 RW. 01 Kecamatan Salem, Kabupaten Bumiayu, longsor parah dan mengancam pemukiman warga.

Merespon hal tersebut, sebanyak 60 orang warga yang dipimpin Kepala Desa Bentarsari Ruswa Abdul Mukti dan Babinsa Bentarsari dari Koramil 13/Salem Kodim 0713/Brebes Serda Wisrad, melaksanakan kerja bakti berupa pengambilan material batu yang dimanfaatkan kembali untuk memperbaiki talut penahan irigasi berupa pembuatan bronjong untuk penahan tanah kemudian selanjutnya akan dibuat talut permanen, Rabu (24/1/2018).

bra6b

“Kegiatan pengumpulan material batu ini dilakukan masyarakat setiap hari secara bergiliran dibantu anggota Koramil 13/Salem sampai material mencukupi untuk dilakukan pembuatan talut permanen, karena di Salem, material batu tinggal mengambil saja,” ungkap Kades Bentarsari.

Sementara itu Babinsa Bentarsari Serda Wisrad mengatakan, plengsengan atau tanggul irigasi yang longsor akibat derasnya hujan mengancam beberapa pemukiman warga yang tepat berada diatas talut irigasi.

“Kami selaku Babinsa harus merespon cepat menyikapi dan mengatasi persoalan ini, sambil menunggu bantuan dari pihak terkait datang, salah satunya dengan pelibatan warga setempat guna mengumpulkan material batu yang nantinya akan dipergunakan untuk pembuatan talut permanen,” tuturnya. (Pendam IV)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Respon Cepat Babinsa dan Warga Salem Atasi Talut Longsor