TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Harus Netral Dalam Menghadapi Pilgub Sumut

By 26 Jan 2018 10:00Kodam I/Bukit Barisan
bra3

TNI AD-Labuhan Batu. Dandim 0209/LB Letkol Czi Denden Sumarlin, S.E., terus mengingatkan personel TNI di wilayah teritorialnya untuk terus menjaga netralitas jelang Pemilihan Gubernur Sumatera Utara yang akan digelar pada Juni 2018 mendatang.

Hal itu ditandai dengan penyerahan buku saku Netralitas TNI kepada seluruh personel jajaran Kodim 0209/LB, di Lapangan Makodim, Labuhan Batu, Sumatera Utara, Rabu (24/1/2018).

Dandim menegaskan, Tentara profesional adalah sikap yang tidak berpolitik praktis, yaitu sikap lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara yang lebih luas, dibanding sikap dukung mendukung untuk kepentingan satu golongan atau kelompok. “Untuk tetap terjaganya netralitas, perlunya dilakukan pembinaan secara terus-menerus terhadap personel TNI, agar tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran yang dapat merusak komitmen dan citra TNI di masyarakat,”ujarnya.

“Salah satu komitmen dalam reformasi adalah TNI tidak lagi terlibat atau melibatkan diri dalam berpolitik praktis, karena politik TNI adalah poliik negara sebagaimana diatur dalam UU Nomor 34 tentang TNI pasal 2 huruf d, tentang TNI tidak berpolitik praktis,” tegas Letkol Czi Denden Sumarlin.

Dandim menambahkan, seluruh personel Kodim 0209/LB diharapkan mampu mewujudkan Pilgub Sumut secara demokrasi, aman dan terkendali. “Ciptakan rasa aman kepada masyarakat dalam memberikan hak pilihnya dan wujudkan sinergisitas TNI/Polri dalam menjaga keutuhan NKRI,”tuturnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 0209/LB Mayor Inf Ertiko Cholifa SH,SPd, para Perwira Staf, Pabung, jajaran Danramil serta seluruh personel dan ASN Kodim 0209/LB. (Pendam I)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Harus Netral Dalam Menghadapi Pilgub Sumut