Skip to main content
Berita Satuan

TNI Kirim Satgas Kesehatan KLB ke Asmat

Dibaca: 91 Oleh 16 Jan 2018Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Cilangkap. Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengirimkan 53 personel Tim Medis yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Kesehatan TNI Kejadian Luar Biasa (KLB) dalam rangka menanggulangi wabah penyakit di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua.

“Hari ini, Satgas Kesehatan TNI KLB Asmat diberangkatkan oleh Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Lodewyk Pusung menggunakan Pesawat Hercules A-1326 dari Bandara Lanud Halim Perdanakusuma,” kata Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (15/1/2018).

bra7b

Kapuspen TNI mengatakan, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. untuk segera membantu warga yang terkena wabah penyakit di Asmat. “Menindaklanjuti perintah tersebut, Panglima TNI telah membentuk Satgas Kesehatan TNI KLB untuk membantu Kementerian Kesehatan RI, terdiri dari Puskes TNI, Puskesad, Diskesal dan Diskesau dalam rangka membantu warga Asmat yang terkena kejadian luar biasa wabah penyakit,” ujarnya.

Kapuspen TNI menambahkan, pengiriman Satgas Kesehatan TNI KLB membantu warga yang terkena wabah penyakit di Asmat, sesuai dengan UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat 2, khususnya Operasi Militer Selain Perang (OMSP) guna memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga negara yang tertimpa musibah.

Baca juga:  Pulihkan Mental Pasien Covid-19, TNI AD Kirim Psikolog Militer

“Satgas Kesehatan TNI diberangkatkan untuk memperkuat Tim Kesehatan Kodam XVII/Cenderawasih dan Pemerintah Daerah setempat yang dipusatkan di Timika,” sambung Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah.

Lebih lanjut disampaikan, 53 personel Satgas Kesehatan TNI KLB Asmat, terdiri dari Dokter Spesialis dan Paramedis. Disamping itu juga dikirimkan obat-obatan sesuai kebutuhan dengan prioritas vaksin campak dan Difteri serta Alat Kesehatan (Alkes). “Selain obat-obatan dan Alkes, Satgas Kesehatan TNI KLB Asmat juga membawa logistik berupa bahan makanan siap saji sebanyak 11.100 bungkus untuk membantu warga Asmat yang terkena wabah penyakit,” ucapnya.

“Disamping bantuan dari TNI, Kementerian Kesehatan RI juga memberikan bantuan obat-obatan yang dikirim bersamaan dengan pemberangkatan Satgas Kesehatan TNI KLB ke Kabupaten Asmat, Papua,” ucap Kapuspen TNI.

Adapun data sementara wabah penyakit yang terjadi di Kabupaten Asmat, terdiri dari 467 anak terkena campak, 487 anak divaksin, 1.052 anak sudah diobati dan mendapat pelayanan medis. (Puspen TNI).

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel