Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Wakasad: TNI AD Berkomitmen Suskseskan Swasembada Pangan Nasional

Dibaca: 9 Oleh 23 Jan 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD-Bojonegoro. TNI-AD terus berusaha mewujudkan komitmennya dalam upaya menyukseskan swasembada ketahanan pangan nasional. Program yang mulai dicetuskan beberapa tahun lalu itu, dinilai sangat penting dalam menjaga stabilitas pangan di Indonesia.

DSC_9581

Hal itu ditegaskan oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tatang Sulaiman ketika menghadiri acara panen raya, di Desa Gedongarum, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Senin (22/1/2018).

Menurut Wakasad, terdapat 3 (tiga) hal yang harus dilakukan oleh seluruh prajurit TNI-AD dalam mensukseskan program ketahanan pangan tersebut. “Selain program cetak sawah, juga terdapat program Upaya Khusus (Upsus) swasembada dan serapan gabah,”ujarnya.

“Semua program itu dilakukan oleh seluruh prajurit TNI-AD mulai dari hulu hingga hilir,” ujar Jenderal berbintang tiga ini.

Dijelaskannya, program-program yang dicetuskan oleh TNI-AD tersebut dinilai sangat penting untuk terus dilakukan guna menunjang keberlangsungan program swasembada pangan di Indonesia saat ini.

“Kita semua tahu, lahan pertanian semakin lama semakin berkurang. Saat ini di luar Jawa, TNI-AD berhasil membuka lahan ratusan hektar untuk mendukung program ini, ” ungkap Wakasad.

Baca juga:  Masuki Tahun Politik, Babinsa harus Jamin Rasa Aman

Selain penyediaan lahan, Wakasad juga menginstruksikan seluruh prajuritnya untuk melakukan pendampingan terhadap seluruh petani yang berada di wilayah tugas masing-masing. “Bagaimana supaya petani ini betul-betul bisa meningkatkan hasil produksi beras, maka dari itu ada pendampingan oleh personel TNI-AD, khususnya Babinsa, termasuk pendampingan penyaluran bantuan, mulai pupuk hingga bibit pertanian,” imbuhnya.

Panen raya di Kabupaten Bojonegoro ini juga dihadiri Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman, Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Soekarwo dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, M.A. (Pendam V/Brw).

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel