TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Antisipasi Banjir, Prajurit TNI dan Polri Buat Talut

By 12 Feb 2018 13:44Kodam IV/Diponegoro
7a__1_

TNI AD – Brebes. Mengatisipasi bahaya tebing longsor yang lebih parah di bantaran Kalipedes Dukuh Karangjati, Desa Tonjong Kecamatan Tonjong, Brebes, prajurit TNI bersama Kepolisian dan instansi terkait melaksanakan karya bakti pembuatan talut, Minggu (11/2/2018).

Sejumlah pihak yang turut serta dalam kegiatan tersebut sekitar 110 orang diantaranya Koramil 09/Tonjong, Polsek Tonjong, PSDA Pemali Comal, Kades Tonjong, Komunitas Tonjong Ijo Royo-royo serta warga masyarakat Dukuh Karangjati Desa Tonjong.

Babinsa Koramil Tonjong Serka Ibrahim mengatakan, kegiatan tersebut dimulai sejak pagi sampai siang hari, dengan sasaran pembuatan talud darurat sepanjang kurang lebih 500 meter di bantaran Kalipedes.

7a__4_

“Kegiatan ini akan kami lakukan dalam beberapa hari ke depan sampai dengan target tercapai, yaitu tanggul darurat dari karung berdiri menahan tebing di Dukuh Karangjati sepanjang 500 meter,” ungkapnya.

Menurut Serka Ibrahim, kegiatan ini bertujuan untuk membantu memperdalam Kalipedes dengan mengangkat batu dan pasir, sehingga Daerah Aliran Sungai (DAS) menjadi lancar, dalam rangka mengantisipasi rusaknya puluhan hektar sawah dan kebun serta pemukiman warga yang berada di sekitaran bantaran sungai.

“Saya mengapresiasi kebersamaan dari warga untuk bekerja bersama dengan penuh kesadaran akan pentingnya tanggul penahan, bahkan anak-anakpun ikut membantu sambil bermain dan mandi di sungai. Ini sungguh luar biasa,” pungkasnya.

Sementara Kades Tonjong, Maksudi (45 tahun) mengungkapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut peduli akan kondisi di lingkungannya. “Saya berharap melalui kerja bakti bersama ini dapat mempererat hubungan silaturahmi antara TNI-Polri dengan masyarakat serta menumbuhkan rasa solidaritas khususnya di lingkungan kami,” tuturnya. (Pendam IV/Dip).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Jaya Kodam Iskandar Muda Kodam V/Brawijaya Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Antisipasi Banjir, Prajurit TNI dan Polri Buat Talut