Skip to main content
Kodam I/Bukit Barisan

Kodim 0205/Tanah Karo Bantu Masyarakat Atasi Debu Vulkanik

Dibaca: 9 Oleh 22 Feb 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Karo. Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal, SE dan jajarannya meninjau langsung ke daerah Gunung Sinabung dalam rangka membantu masyarakat yang terkena erupsi debu vulkanik Gunung Sinabung, di wilayah Kecamatan Payung, Tiganderket, Munthe dan Lau Baleng, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Senin (19/2/2018).

Dandim mengatakan, terjadi erupsi letusan besar Gunung Sinabung sekitar pukul 08:53 Wib dengan luncuran awan panas mencapai 4,9 km mengarah ke Selatan dan ke Timur Tenggara sejauh 3,5 km. “Untuk sementara, setelah ditelusuri beberapa titik zona merah belum ada ditemukan korban”. Kita juga menghimbau agar masyarakat jangan memasuki zona merah,” ujarnya.

“Kita juga menyerahkan masker kepada para siswa SD Kecamatan Sipayung agar mereka tidak terganggu dalam beraktivitas. Dampak debu vulkanik bisa menimbulkan iritasi saluran pernapasan hingga infeksi atau penyakit ISPA,”ungkap Letkol Inf Taufik Rizal.

Lebih lanjut Dandim 0205/TK menghimbau kepada masyarakat apabila keluar rumah agar menggunakan masker dan kaca mata atau pelindung mata agar tidak terkena debu. “Untuk mengatasi masalah debu ini, kita juga mengerahkan mobil Damkar untuk melaksanakan penyiraman, melaksanakan pengecekan di sekitar zona merah dan mengevakuasi anak-anak sekolah,”tuturnya.

Baca juga:  Hujan datang TNI Turun Ke Sawah Kodim 0413 Bangka

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel