Skip to main content
Kodam Iskandar Muda

Kodim Nagan Raya Panen Perdana Bersama Petani

Dibaca: 9 Oleh 23 Feb 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD  -Nagan Raya. Dandim 0116/Nara Letkol Kav Mochamad Wahyudi melaksanakan panen perdana cetak sawah baru seluas 1 hektar yang berada di 2 lokasi berbeda yakni Desa Kuala Tuha dan Desa Cot Rambong, Kecamatan Kuala Pesisir Nagan Raya, Aceh, Selasa (20/1/2018).

Dandim mengatakan, pada panen raya dengan luas hasil produktivitas 6,5 ton/hektar merupakan hasil dari upaya dan terobosan TNI bersama pemerintah dalam program perluasan sawah.

“Panen perdana yang kita laksanakan hari ini merupakan suatu langkah awal sekaligus menggairahkan semangat para petani untuk terus meningkatkan hasil pertanian tanaman padi dalam upaya mewujudkan swasembada pangan nasional,” ujarnya.

Letkol Kav Mochamad Wahyudi menyampaikan, pelaksanaan perluasan cetak sawah baru di Desa Kuala Tuha seluas 12,13 hektar dan Desa Cot Rambong seluas 10,67 hektar ini telah dilaksanakan pada bulan September tahun lalu, kini telah membuahkan hasil. “Ini merupakan salah satu upaya TNI bekerjasama dengan Pemerintah meningkatkan produksi padi secara nasional. Dengan adanya cetak sawah baru maka adanya alih fungsi lahan sawah yang turut mengurangi produksi padi nasional dapat diimbangi,”ucapnya.

Baca juga:  Kababinminvetcad IM Buka TMMD Imbangan Ke-95 Kodim 0116/Nara

Sementara itu, Ir. Farida Husnah, Kabid BPS menjelaskan, hasil persentase rata-rata 6,5 ton dinilai cukup baik pada panen perdana cetak sawah baru di wilayah Kodim 0116/Nara.

“Kita berharap Pemerintah bersama masyarakat ke depan dapat meningkat hasil pencapaian padi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan khususnya di Kabupaten Nagan Raya,”ucapnya.

Panen perdana ini dihadiri Pasiter Kapten Arm Ainu Rochman, Kadistan Ir Banta Saidi, Kabid Perluasan Sawah, Kabid Holtikultura, Keucik Gampong Kuala Tuha dan kelompok tani Fajar Harapan.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel