TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim Polmas Terus Kawal Swasembada Pangan di Polewali Mandar

By 04 Feb 2018 12:01Kodam XIV Hassanudin
bra6

TNI AD-Polewali Mandar. Dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara Menteri Pertanian RI dengan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), bahwa seluruh Babinsa akan membantu petani agar program swasembada pangan nasional dapat terwujud.

Dukungan dari jajaran TNI Angkatan Darat ini telah diwujudkan oleh prajurit teritorial dengan melakukan pendampingan pertanian sejak persiapan lahan, penanaman, perawatan, pendampingan panen hingga serapan gabah petani oleh Bulog Sub Divre Polewali Mandar (Polman).

Hal tersebut terus digiatkan Babinsa jajaran Kodim 1402/Polmas seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 1402-03/Campalagian Serda Najamuddin melaksanakan pendampingan panen padi di atas lahan milik Kelompok Tani Sirannuang seluas 2,5 hektar di Desa Lampoko, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polman, Kamis (2/2/2018).

Komandan Kodim (Dandim) 1402/Polmas Letkol Arh Dedi Setia Arianto membenarkan kegiatan yang dilakukan anggotanya tersebut. Dandim mengatakan, aparat teritorial terus membantu pemerintah mensukseskan pembangunan di daerah. “Salah satu tugas tersebut adalah membantu para petani dalam rangka program upaya khusus (Upsus) pemerintah yaitu percepatan swasembada pangan berkelanjutan terutama pada komoditas Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale),”ujarnya.

“Dengan keterlibatan Babinsa diharapkan dapat mendorong petani untuk lebih semangat lagi mengerjakan sawahnya, harapan pemerintah untuk terus meningkatkan swasembada pangan dapat tercapai dengan baik, disamping itu para Babinsa juga memberikan arahan kepada para kelompok tani agar hasil panen para petani dijual di Bulog dengan harga yang sudah ditentukan oleh pemerintah,” jelas Dandim

Letkol Arh Dedi Setia Arianto menegaskan, Babinsa merupakan ujung tombak TNI AD di wilayah, harus selalu bersinergi dengan rakyat, ibarat Ikan dengan air tidak dapat dipisahkan agar kemanunggalan TNI dengan rakyat semakin kokoh.

“Pemberdayaan wilayah pertahanan aspek darat selama ini diimplementasikan melalui berbagai kegiatan Binter dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD termasuk diantaranya pendampingan kepada para petani untuk mensukseskan swasembada pangan nasional,” jelas Letkol Dedi Setia.

Sementara itu Danramil 1402-03/Campalan Kapten Inf Ahmad T S.Sos, M.Si memerintahkan kepada seluruh Babinsa supaya terus melaksanakan pendampingan bersama PPL dan selalu kordinasi dengan Poktan dan Gapoktan, sehingga jika ada permasalahan dilapangan Babinsa bisa langsung berkordinasi dengan pihak terkait.

“Untuk hasil panen petani, diharapkan Babinsa berperan aktif untuk mendorong para petani menjual sebagian hasil panen mereka ke Bulog Sub Divre Polman agar stok Bulog dapat terpenuhi khususnya di Kabupaten Polewali Mandar yang merupakan lumbung padi Provinsi Sulawesi Barat,” ujar Danramil.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim Polmas Terus Kawal Swasembada Pangan di Polewali Mandar