Skip to main content
Kodam II/Sriwijaya

Korem 044/Gapo Uji Coba Alat Pemadam Nusantara Gapo 44

Dibaca: 130 Oleh 16 Feb 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD-Palembang. Personel Korem 044/Gapo melaksanakan uji coba sekaligus pelatihan dengan menggunakan peralatan pemadaman kebakaran berupa Foam Nusantara Gapo 44 (Busa pemadam api) yang dipimpin langsung oleh Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP., bertempat di lapangan Markas Korem 044/Gapo, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (14/2/2018).

2a__2_

Nusantara Gapo 44 merupakan teknologi pemadam kebakaran berbahan bakar busa dengan cara mengisolasi masuknya udara dalam proses terjadinya kebakaran (api) dengan menutupi permukaan benda yang terbakar sehingga api tidak mengalir (terputusnya aliran oksigen).

Kelebihan Nusantara Gapo 44 dibanding dengan bahan lain adalah tidak membutuhkan air banyak pada saat memadamkan api, tidak membutuhkan tempat/wadah besar akan tetapi hanya memerlukan wadah yang ringkas, waktu pemadaman yang relatif sangat cepat baik api tipe A maupun tipe B dan tidak mengandung sulfur sehingga ramah lingkungan.

Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo mengatakan, uji coba dan pelatihan penggunaan alat pemadam kebakaran Nusantara Gapo 44 merupakan kegiatan yang harus diketahui dan dipahami seluruh prajurit untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme, sekaligus menguji Foam Nusantara Gapo 44 produksi tahun 2016 masih layak digunakan atau tidak.

Baca juga:  Satgas Penanggulangan Karhutla Terus Bekerja

”Uji coba ini bertujuan melatih keterampilan dan ketangkasan prajurit dalam menggunakan alat pemadam kebakaran apabila terjadi Karhutla, sekaligus menguji Foam Nusantara Gapo 44 produksi tahun 2016 masih efektif memadamkan api, artinya Foam Nusantara Gapo 44 tidak ada batas pakainya atau kadaluarsanya,” terang Danrem.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta diberikan penjelasan secara teori dan praktek tentang prosedur menggunakan alat pemadam kebakaran, mulai fungsi-fungsi peralatan yang ada di mobil seperti mesin penyemprot, mesin penyedot dan sebagainya, hingga bagaimana cara menggunakan alat pemadam kebakaran ini dari mobil hingga melakukan penyemprotan Foam Nusantara 044/Gapo ke sasaran kebakaran.

Uji coba kali ini diikuti oleh perwakilan dari personel Kodim jajaran Korem 044/Gapo dan dihadiri oleh para Kasi Korem dan Kabalakrem 044/Gapo.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel