TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem Garuda Putih Bersihkan Sisa Kebakaran Pasar Sungai Penuh

By 03 Feb 2018 21:50Kodam II/Sriwijaya
bra3a

TNI AD-Jambi. Dalam Undang-Undang No. 34 tahun 2004, tugas TNI untuk Operasi Militer Selain Perang (OMSP), salah satunya adalah membantu tugas Pemerintahan Daerah dalam menanggulangi akibat bencana (gempa, banjir dan kebakaran) serta pemberian bantuan kemanusiaan.

bra3b

Terkait hal itu, Kodam II/Swj melalui jajarannya yakni Korem 042/Gapu mengerahkan ratusan personel gabungan melaksanakan karya bakti dalam rangka membantu penanggulangan musibah kebakaran di Pasar Baru, Gang Senggol, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Jambi,Kamis (1/2/2018).

Gabungan personel jajaran Korem 042/Gapu yang melaksanakan karya bakti tersebut terdiri dari 2 SST dari Satuan Yonif Raider 142/KJ, Kodim 0416/Bute dan Kodim 0420/Sarko masing-masing sebanyak 1 SST dan 1 SSK dari Kodim 0417/Krc dibantu personel gabungan Polres Kerinci, Tagana, Damkar serta dinas terkait.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan diantaranya pembersihan sisa kebakaran yang merupakan aset milik Pemerintah Daerah (Pemda) maupun milik pedagang serta menyiram sisa kebakaran yang masih berasap.

Kegiatan karya bakti ini dipimpin Dandim 0417/Krc dengan didampingi Danyon Raider 142/KJ Mayor Inf Ihksanudin, S. Sos., M.M., dilaksanakan selama 2 hari untuk membantu meringankan Pemda Kota Sungai Penuh dan masyarakat korban bencana.

Dandim 0417/Kerinci Letkol Inf Gambuh Sri Karyanto mengatakan, lebih 300 personel TNI gabungan jajaran Korem 042/Gapu terlibat dalam pembersihan bekas-bekas kebakaran dan mengangkat material berharga yang masih bermanfaat bagi warga setempat.

“Pembersihan terpusat pada lokasi kebakaran, mengangkat material yang masih bermanfaat ke dalam kendaraan roda empat untuk diamankan di suatu tempat,” ujarnya.

Karya bakti ini dilakukan, karena beberapa hari lalu terjadi kebakaran yang terjadi di Pasar Kota Sungai Penuh, Jambi tepatnya pada Hari Rabu, (24/1/2018) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Akibat terjadi kebakaran tersebut, 29 unit toko, 57 unit ruko, 17 unit rumah, 2 Mushola, 1 unit rumah pengolahan sampah organik dan 219 lapak pedagang pasar hangus terbakar. (Pendam 2)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IV/Diponegoro Kodam XVI/Patimura Kodam I/Bukit Barisan Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam XIV Hassanudin
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem Garuda Putih Bersihkan Sisa Kebakaran Pasar Sungai Penuh