TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Mengejar Target Swasembada Pangan Melalui Panen Raya

By 24 Feb 2018 14:24Kodam V/Brawijaya
bra7b

TNI AD – Kediri. Danramil Kandangan Kapten Czi Kustoyo bersama Kapolsek Kandangan AKP Eka Purnama, Camat Kandangan Sunar Utomo serta kelompok tani Budi Utomo Desa Kemiri, menggelar panen raya, Rabu (21/2/2018).

Menurut Kapten Czi Kustoyo, sekitar 4,2 hektar lahan yang ada di Desa Kemiri itu dinyatakan siap panen. “Panen ini tidak secara serentak dilakukan hari ini, melainkan dijalankan selama 2 hari berturut-turut. Untuk hari ini lahan pertanian yang dipanen sekitar 1,4 hektar, sedangkan besok sekitar 2,8 hektar,” katanya.

bra7a

Dijelaskan Danramil, setiap 1 hektar tanaman padi bisa menembus angka kisaran 9,2 hingga 9,6 ton GKP (Gabah Kering Panen). Bila dikalkulasikan dengan angka maksimal, ditemukan angka 40,32 ton GKP dalam hitungan 4,2 hektar. Angka tersebut menurut Danramil sudah cukup besar, mengingat sebagian besar petani di Desa Medowo bukanlah penanam padi, melainkan penanam jagung.

“Mayoritas petani disini menanam jagung, bukan padi. Jadi kalau sekarang dan besok panen bisa mencapai sekitar 40 ton, jelas ini sudah cukup bagus. Apalagi masih tersisa sekitar 49 hektar lagi yang belum di panen. Perkiraan sekitar bulan Maret dan April depan, akan panen,” terang Kapten Czi Kustoyo.

Sementara itu, Mantri Pertanian Kecamatan Kandangan Sunardi, berharap makin banyak petani yang beralih ke tanaman padi, karena menurutnya beras merupakan tanaman pokok sebagian besar warga Kediri. Dirinya juga mengingatkan, agar para petani tetap selalu konsisten menggunakan Alsintan (Alat Mesin Pertanian) dari Pemerintah, dengan cara memelihara dan merawatnya.

Sebelum panen raya tersebut, dilakukan tradisi selamatan yang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan setiap panen raya tiba. (Pendam V/Brw)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Kodam I/Bukit Barisan Kodam Jaya Kodam Iskandar Muda Kodam VI/Mulawarman Kodam IX/Udayana Berita Satuan Puspen TNI
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Mengejar Target Swasembada Pangan Melalui Panen Raya