TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Menumbuhkan Wawasan Kebangsaan di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa

By 04 Feb 2018 11:57Kodam IV/Diponegoro
bra5a

TNI AD-Wirosari. Anggota Koramil 07/Wirosari Kodim 0717/Purwodadi semakin mengintensifkan kegiatan serbuan teritorial berupa wawasan kebangsaan di wilayah binaan. Seperti yang dilakukan Sertu Surahman Babinsa Desa Tambahrejo mengenalkan materi wawasan kebangsaan bagi siswa-siswi SDN 3 Tambahrejo Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan.

Acara yang diawali dengan upacara bendera rutin dengan pembina upacara Sertu Surahman dan diikuti seluruh siswa TK 46 orang, siswa SD 235 orang, mahasiswa STAI Grobogan yang sedang melaksaanakan KKN 8 (delapan) orang serta Kepala Sekolah dan para guru, bertempat di halaman SDN 3 Tambahrejo, Worosari, Kabupaten Grobongan, Kamis (1/2/2018).

bra5b

Usai upacara bendera, selanjutnya Sertu Surahman dengan dibantu 5 (lima) Babinsa Koramil 07/Wirosari mengenalkan materi wawasan kebangsaan bagi siswa-siswi kelas I dan kelas VI SDN 3 Tambahrejo. Dalam bahasa sederhana Sertu Surahman, Serda Mulyono, Kopka Tejo dan Koptu Suparman secara bergantian mengajarkan kedisiplinan, Pancasila, cinta tanah air dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sertu Surahman mengajak para siswa untuk lebih mencintai tanah air dan meningkatkan semangat kebangsaan yang pelaksanaanya bisa dilakukan dengan mengikuti upacara bendera yang didalamnya ada penghormatan kepada Bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Tidak hanya memberikan teori, Sertu Surahman juga mengenalkan permainan (game) Wasbang berupa outbond yang diikuti siswa kelas IV sampai dengan kelas VI SD sebanyak 122 orang diantaranya dengan materi permainan tongkat estafet, bola tali, memindah air dalam gelas di atas kain dan permainan lainnya. Dalam pengenalan game Wasbang tersebut, para prajurit dibantu 8 (delapan) orang mahasiswa STAI Grobogan yang sedang melaksanakan KKN di Desa Tambahtrejo.

Para siswa sangat antusias dalam mengikuti permainan outbond tersebut, bahkan beberapa guru juga turut serta membantu membimbing para siswa saat mempraktekan game Wasbang.

Sertu Surahman mengungkapkan, kegiatan permainan outbond di lingkungan sekolah bertujuan untuk melatih kedisiplinan, pembentukan kerjasama tim sehingga timbul rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri maupun tim serta menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan terhadap mereka sehingga timbul rasa cinta pada NKRI

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SDN 3 TambahrejoJoko Susilo mengatakan, kedisiplinan, Pancasila dan cinta tanah air, merupakan bagian materi pendidikan karakter. “Melalui tambahan materi dari para Babinsa ini diharapkan kedisiplinan siswa-siswi SDN 3 Tambahrejo yang selama ini sudah terbangun akan semakin meningkat, baik dalam proses belajar, di rumah maupun saat di masyarakat,”tuturnya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kostrad Kodam XVI/Patimura Kodam I/Bukit Barisan Kodam IX/Udayana Kodam Jaya Kodam XVII/Cenderawasih Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Menumbuhkan Wawasan Kebangsaan di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa