TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit TNI Buat Tempat Mandi Untuk Warga Werinama

By 04 Feb 2018 00:02Kodam XVI/Patimura
bra7b

TNI AD-Seram Barat. Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1502-10/Werinama Bersama masyarakat Desa Werinama, Desa Bemo, Desa Perak dan Dusum Ortega menggelar karya bakti pembuatan sarana mandi dan mencuci untuk masyarakat, di Desa Werinama, Seram Bagian Barat, Jumat (2/2/2018).

bra7a

Kegiatan ini digelar sebagai wujud kepedulian Babinsa, mengingat setiap musim kemarau tiba sering terjadi krisis air di 3 (tiga) desa dan 1 (satu) dusun tersebut. “Setiap musim kemarau tiba, semua sungai dan sumur kering,” ungkap Babinsa.

Ditambahkan Babinsa, menurut informasi dari masyarakat ada sungai kecil yaang jaraknya sekitar 2,5 km dari desa mereka yang bernama Sungai Waibabal, yang airnya tidak pernah surut meski sungai lain dalam keadaan kering.

Karena air sungai tersebut tidak pernah kering, Danramil 1502-10/Werinama Kapten Inf Sofyan Bin Djafar bersama Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat (Tomas) dan Tokoh Adat (Toda) berinisiatif menggali dan membendung air sungai tersebut untuk dijadikan tempat mandi dan mencuci.

Dalam pelaksanaannya mereka menggunakan bronjong untuk menahan pinggiran sungai dan membendung jalannya air, sehingga sungai akan menjadi dalam dengan ukuran antara 40 sampai dengan 75 cm.

“Kini pekerjaan sudah sampai pada tahap dua, tinggal finishing dengan cara mengeruk sisa lumpur dan menaburi batu kerikil pada bagian dasar sungai agar sungai terlihat bersih dan lndah. Kemudian di bagian bawah, kami buatkan lagi tempat mencuci agar tidak terganggu aktifitas mandi,” ujar Danramil. (Pendam XVI/Ptm)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Tips Kesehatan Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam VI/Mulawarman Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit TNI Buat Tempat Mandi Untuk Warga Werinama