Skip to main content
Kodam XVI/Pattimura

Prajurit TNI Buat Tempat Mandi Untuk Warga Werinama

Dibaca: 182 Oleh 04 Feb 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD-Seram Barat. Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1502-10/Werinama Bersama masyarakat Desa Werinama, Desa Bemo, Desa Perak dan Dusum Ortega menggelar karya bakti pembuatan sarana mandi dan mencuci untuk masyarakat, di Desa Werinama, Seram Bagian Barat, Jumat (2/2/2018).

bra7a

Kegiatan ini digelar sebagai wujud kepedulian Babinsa, mengingat setiap musim kemarau tiba sering terjadi krisis air di 3 (tiga) desa dan 1 (satu) dusun tersebut. “Setiap musim kemarau tiba, semua sungai dan sumur kering,” ungkap Babinsa.

Ditambahkan Babinsa, menurut informasi dari masyarakat ada sungai kecil yaang jaraknya sekitar 2,5 km dari desa mereka yang bernama Sungai Waibabal, yang airnya tidak pernah surut meski sungai lain dalam keadaan kering.

Karena air sungai tersebut tidak pernah kering, Danramil 1502-10/Werinama Kapten Inf Sofyan Bin Djafar bersama Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat (Tomas) dan Tokoh Adat (Toda) berinisiatif menggali dan membendung air sungai tersebut untuk dijadikan tempat mandi dan mencuci.

Dalam pelaksanaannya mereka menggunakan bronjong untuk menahan pinggiran sungai dan membendung jalannya air, sehingga sungai akan menjadi dalam dengan ukuran antara 40 sampai dengan 75 cm.

Baca juga:  Jadikan Keramba Sebagai Bank Ikan Bagi Nelayan Lifumatola Maluku

“Kini pekerjaan sudah sampai pada tahap dua, tinggal finishing dengan cara mengeruk sisa lumpur dan menaburi batu kerikil pada bagian dasar sungai agar sungai terlihat bersih dan lndah. Kemudian di bagian bawah, kami buatkan lagi tempat mencuci agar tidak terganggu aktifitas mandi,” ujar Danramil. (Pendam XVI/Ptm)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel