TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Rawa Jombor Klaten Ditata, Prajurit TNI Bersihkan Eceng Gondok

By 24 Feb 2018 12:32Kodam V/Brawijaya
bra3a

TNI AD – Klaten. Prajurit TNI Koramil 18/Bayat, Polisi, dan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) bersama warga Desa Krakitan dan sukarelawan membersihkan eceng gondok yang memenuhi Rawa Jombor, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten.

Danramil 18/Bayat Lettu Inf Budiyono mengatakan, kegiatan pembersihan eceng gondok pada hari ini fokus sektor Rowo Jombor sebelah timur di dekat pintu air. “Pembersihan kali ini menggiring eceng gondok ke pinggir agar alat berat lebih mudah untuk mengangkut dan menaikkan eceng gondok dari rowo,”ujarnya.

bra3b

“Pembersihan tanaman itu menjadi bagian dari rencana penataan rawa yang berlokasi di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat. Pembersihan dilakukan menggunakan satu ekskavator serta truk, sementara warga di sekeliling rawa membersihkan secara manual naik getek,” ucap Lettu Inf Budiyono.

Danramil menjelaskan, pembersihan eceng gondok mengawali rencana penataan kawasan rawa. Selama bertahun-tahun, rawa tersebut dimanfaatkan warga untuk usaha kuliner dengan membuka warung apung serta budidaya ikan karamba.

“Langkah awal penataan dengan pembersihan eceng gondok. Kemudian warung apung, pemancingan, dan karamba ditata. Diharapkan Rawa Jombor benar-benar kembali ke fungsi awalnya seperti untuk pengairan dan penahan banjir,” tuturnya. (Pendam 5)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam XVI/Patimura Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam II/Sriwijaya Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XIV Hassanudin
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Rawa Jombor Klaten Ditata, Prajurit TNI Bersihkan Eceng Gondok