TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI dan Warga Buka Akses Jalan Provinsi Terimbun Longsor

By 19 Feb 2018 14:52Kodam IV/Diponegoro
6A__4_

TNI AD-Brebes. Bencana longsor kembali terjadi di wilayah Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Minggu (18/2/2018). Tebing disisi jalan provinsi penghubung antara Kecamatan Salem dengan Banjarharjo longsor menimbun badan jalan, sehingga jalan tidak bisa dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

6A__11_

“Pada Minggu (18/2) Pukul 01.00 WIB, tebing gunung di sisi jalan utama Banjarharjo-Salem runtuh dan menutup seluruh badan jalan sepanjang 15 meter dan lebar 6 (enam) meter yang diakibatkan oleh guyuran hujan lebat, sehingga tanah tebing tersebut menjadi labil dan akhirnya longsor. Tidak hanya tanah dan batu saja, melainkan batang pohon yang tumbang akibat longsoran juga ikut menutup jalan. Beruntung tidak ada pengendara yang lewat saat peristiwa ini terjadi sehingga tidak memakan korban jiwa,” ujar Pelda Jahri Batituud Koramil Salem.

Mendapat laporan adanya longsor di wilayah tersebut, pihak Koramil melaksanakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dan segera melaporkan kejadian tersebut beserta dokumentasinya kepada Dandim 0713/Brebes dan Muspika Kecamatan Salem.

“Kami juga menghimbau kepada warga serta para pengendara yang lewat untuk menjauh dari lokasi kejadian, karena dikhawatirkan longsor susulan terjadi,” imbuhnya.

Bantuan juga datang dari instansi pemerintah yang ikut melibatkan diri antara lain anggota Polsek Salem, Perhutani serta Paguyuban Trabas Salem serta relawan yang total kesemuanya sekitar 115 orang.

Dari hasil kerja keras seluruh elemen dan relawan, saat ini material longsoran di jalan provinsi antara Kecamatan Salem-Banjarharjo sudah dapat dapat dibersihkan dan jalan sudah dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Guna mengantisipasi longsor kedepannya, pemerintah daerah maupun Bina Marga agar segera mengambil langkah dengan program penghijauan kembali di sepanjang lereng yang gundul serta menyiagakan alat berat di kantor Kecamatan atau Makoramil 13/Salem.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI dan Warga Buka Akses Jalan Provinsi Terimbun Longsor