TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI dan Warga Lakukan Normalisasi Tanggul Sungai Ciapit Kersana

By 14 Feb 2018 14:07Kodam IV/Diponegoro
6a (2)

TNI AD – Brebes. Danramil 06/Kersana Kapten Inf Sugeng W bersama para Babinsa dan warga Desa Kramat Sampang, Kecamatan Kersana, menggelar karya bakti normalisasi tanggul Sungai Ciapit, Brebes, Selasa (13/2/2018).

Menurut Danramil Kersana, karya bakti ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir akibat luapan air sungai. “Seluruh pekerjaan dilaksanakan dengan bagi-bagi tugas, seperti ada yang mengisi tanah, mengangkut karung dan menata karung-karung tanah tersebut di tanggul sungai yang tergerus,” ucapnya.

6a (1)

Lebih lanjut disampaikan, penataan karung-karung itu ditata di dua titik rawan, yakni titik pertama ditata sepanjang 10 meter sedangkan kedua sepanjang lebih dari 20 meter. “Upaya ini kami lakukan secara bersama-sama dengan satu tujuan, yaitu mengantisipasi agar tanggul sungai tidak jebol akibat terkikis air serta agar tanggul normal kembali, sehingga jika debit air yang mengalir pada puncak di musim penghujan ini, tidak meluap ke pemukiman dan pertanian warga,” tandasnya

“Di bulan Februari-Maret, intensitas hujan diperkirakan mencapai puncaknya, jika kita biarkan saja tanggul dalam kondisi saat ini yang sudah terkikis, maka dapat dipastikan akan banyak sawah gagal panen dan pemukiman warga akan tergenang air serta lumpur,” ungkap Kapten Inf Sugeng.

Sebagai informasi, banjir yang melanda Kabupaten Brebes pada Senin 12 Februari 2018 lalu, akibat dari luapan Sungai Pemali karena tanggul sungai di beberapa titik di Desa Terlangu serta Lengkong Kecamatan Brebes lebih rendah dari pada permukaan air sungai.

Luapan air tersebut mengakibatkan tergenangnya persawahan, kolam serta pemukiman penduduk di beberapa kecamatan di wilayah Brebes. (Pendam IV/Dip).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI dan Warga Lakukan Normalisasi Tanggul Sungai Ciapit Kersana