Skip to main content
Kodam XIV Hasanuddin

TNI-Polri Apel Bersama Pengamanan Pilkada Sulbar

Dibaca: 4 Oleh 19 Feb 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD-Polewali Mandar. Kodim 1402/Polmas bersama Polres Polman dan Polres Mamasa menggelar apel Tripatra yang dipusatkan di lapangan Pancasila, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Sabtu (17/2/2018).

Bertindak selaku pimpinan apel yaitu Dandim 1402/Polmas Letkol Arh Dedi Setia Arianto didampingi Kapolres Polman AKBP Muhammad Rifai S.I.K, dan Kapolres Mamasa AKBP Arianto dan dikuti ratusan Personel TNI-Polri dari Kodim 1402/Polmas, Polres Polman, Polres Mamasa dan Sat Brimob Polda Sulbar.

Dandim 1402/Polmas Letkol Arh Dedi Setia Arianto mengatakan, apel bersama ini digelar sebagai wujud kekompakan TNI-Polri dalam menghadapi tugas dan tanggung jawab kepada masyarakat Polewali Mandar dan Mamasa guna mewujudkan keamanan di dua kabupaten tersebut dan merupakan wilayah teritorial Kodim 1402/Polmas.

“Netralitas dan soliditas TNI-Polri serta komponen masyarakat lainnya adalah kunci sukses terselenggaranya Pilkada yang aman dan damai. Tripatra yang berarti tiga kekuatan pamungkas penegak keamanan dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2018 yang terdiri dari fungsi Sabhara, Brimob, dan TNI,” ujarnya.

Baca juga:  Pangdam XIV/Hsn : Sinergitas Kodam XIV/Hsn dan Pemprov Sulsel Terbangun Dengan Baik

“Keterlibatan TNI dalam membantu Kepolisian dalam pengamanan Pilkada serentak tertuang dalam nota kesepahaman TNI-Polri yang ditandatangani Kapolri dan Panglima pada Rapat Pimpinan TNI di Markas Besar TNI, 23 Januari lalu, dimana TNI memberikan bantuan personel kepada Kepolisian untuk pengamanan unjuk rasa, mogok kerja, kerusuhan massa, dan konflik sosial,” jelas Dandim.

Selain itu, Dandim menjelaskan, netralitas TNI dalam Pilkada adalah mengamankan penyelenggaraan Pilkada sesuai dengan tugas perbantuan TNI kepada Pemda dan Polri, tidak menggunakan hak pilih dan tidak memberi dukungan kepada salah satu kontestan peserta Pilkada serta tidak memilih baik dalam Pemilu maupun Pilkada.

Usai apel Tripatra dilanjutkan patroli bersama TNI-Polri di wilayah Kabupaten Polewali Mandar dengan menggunakan sepeda motor.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel