TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Wujudkan Swasembada Pangan di Polman, Babinsa Terus Dampingi Petani

By 22 Feb 2018 12:52Kodam XIV Hassanudin
bra1b

TNI AD – Polewali Mandar. Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) bersama Babinsa Koramil 1402-02/Wonomulyo Sertu Thamrin B melaksanakan pendampingan panen padi dan pemantauan serapan gabah petani (Sergap), di Desa Arjosari, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Selasa (20/2/2018).

Pendampingan panen padi dan pemantauan serapan gabah petani di atas lahan milik kelompok tani Batur Sari seluas 4 hektar dengan hasil rata-rata 6,8 ton/hektar.

Danramil 1402-02/Wonomulyo Kapten Inf Poniman mengatakan, Babinsa melakukan pendampingan kepada para petani mulai pengolahan lahan, perawatan hingga panen, agar setiap permasalahan para petani dapat dicarikan solusinya.

bra1a

“Pendampingan tersebut semata-mata untuk mengawal swasembada pangan nasional sesuai perintah dari pimpinan TNI bersama dengan Kementerian Pertanian yang tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) TNI AD dengan Kementerian Pertanian di bidang pertanian untuk mewujudkan ketahanan pangan dalam negeri,” ujarnya.

Sementara itu Pasiter Kodim 1402/Polmas Kapten Inf Hasruddin menyampaikan, pemantauan terhadap serapan gabah di wilayah teritorial Kodim 1402/Polmas akan terus dilakukan, karena pemerintah bertekad untuk menjaga ketahanan pangan nasional dan meningkatkan serapan gabah di wilayah masing-masing.

“Sampai pertengahan Bulan Februari ini gabah yang diserap oleh Bulog Sub Divre Polman masih sangat rendah disebabkan penjualan gabah petani masih di atas Harga Pokok Penjualan (HPP) pemerintah sesuai Inpres No 5 Tahun 2015,” ungkap Pasiter.

Pasiter menambahkan, memasuki bulan Maret nanti sebagian besar petani di wilayah Kabupaten Polewali Mandar mulai panen raya. “Saya menghimbau kepada para Babinsa di lapangan agar pada masa panen raya nanti terus melakukan pengawalan dan pemantauan serapan gabah oleh Bulog,” harapnya.

Pasiter berharap Stok Bulog Sub Divre Polman harus terpenuhi dalam rangka ketahanan pangan khusunya di kabupaten Polewali mandar. “Untuk itu, Babinsa di lapangan harus mengajak para petani untuk menjual sebagian hasil panen mereka kepada Bulog,”tuturnya. (Pendam 14)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Tips Kesehatan Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam VI/Mulawarman Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Wujudkan Swasembada Pangan di Polman, Babinsa Terus Dampingi Petani