Skip to main content
Kodam XII/Tanjungpura

Yonif Raider Khusus 644/WLS Bertugas di Perbatasan Papua – PNG

Dibaca: 847 Oleh 05 Feb 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Kubu Raya. Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Achmad Supriyadi memimpin upacara pelepasan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG) Yonif Raider Khusus 644/Walet Sakti, di Makodam XII/Tanjungpura, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Minggu (4/2/2018).

Dalam sambutannya, Pangdam XII/Tanjungpura mengucapkan selamat kepada segenap prajurit Yonif RK 644/WLS, yang mendapat kepercayaan dari pimpinan TNI, bangsa dan negara untuk melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan di Papua. “Kepercayaan ini merupakan kehormatan dan tugas mulia untuk dipertanggungjawabkan serta dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

1a__4_

Lebih lanjut disampaikan, penugasan ke daerah operasi bagi seorang prajurit TNI merupakan wujud nyata pengabdian kepada negara dan bangsa serta suatu tugas kehormatan yang dipercayakan kepadanya. “Sebagai patriot dan bhayangkari negara, tugas operasi merupakan tuntutan tugas di atas segala-galanya, hal ini dilaksanakan demi tetap tegaknya kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Pangdam mengatakan, dalam UU No. 34 tahun 2004, disebutkan bahwa tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Baca juga:  Pangdam Sambut Dua Batalyon Penjaga Perbatasan RI-Malaysia

“Bagi prajurit yang pernah melaksanakan tugas operasi, penugasan kali ini akan memberikan tambahan bekal pengalaman, sedangkan bagi prajurit yang belum pernah melaksanakan tugas operasi, penugasan ini akan menjadi suatu pengalaman yang sangat berharga untuk menunjang karier sebagai prajurit,” ungkapnya.

Mayjen TNI Achmad Supriyadi menyampaikan, berbagai persiapan yang telah dilaksanakan selama ini termasuk pembekalan keterampilan taktik serta teknik pengamanan dan pertempuran, diharapkan dapat dijadikan sebagai pegangan dalam menghadapi segala kemungkinan permasalahan yang akan timbul di lapangan. “Yakinlah, bahwa latihan yang sudah dilaksanakan tidak akan pernah sia-sia dan diharapkan dapat membuahkan hasil yang optimal, baik bagi kalian sendiri maupun bagi kemampuan satuan saat melaksanakan tugas,” ingatnya.

“Laksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya, jaga keamanan baik personel maupun materiil yang dibawa, serta tunjukkan bahwa kalian adalah Tentara Rakyat, Tentara Pejuang dan Tentara Nasional yang Profesional,” tegas Mayjen TNI Achmad Supriyadi.

Pangdam berpesan, kepada seluruh personel Satgas yang sudah berkeluarga, jangan terlalu banyak memikirkan keluarga yang di home base, percayakanlah keluarga kepada prajurit yang tinggal di satuan dan kepada Komando Atas,”tuturnya.

Baca juga:  Danrem 102/Pjg Pimpin Sertijab Dandim dan Korps Raport Tradisi Perwira

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XII/Tpr, Danlanud Supadio,Wadan Lantamal XII Pontianak, Irdam, Asrendam, Staf Ahli Pangdam, LO AL, LO AU, para Asisten Kasdam, Kabalakdam XII/Tpr, Danbrigif 19/KH dan Dansat jajaran Kodam XII/Tpr. (Dam12)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel