TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Klaten Utara Dampingi Petani Terapkan Pengelolaan Tanaman Terpadu

By 23 Mar 2018 11:30Kodam IV/Diponegoro
bra1

TNI AD – Klaten. Babinsa Ketandan Koramil 24/Klaten Utara Serma Sarwana mendampingi petani tanam padi sawah milik Mulyanto (42 tahun) dengan menerapkan PTT (Pengelolaan Tanaman Terpadu) sebagai langkah nyata program Upsus peningkatan swasembada pangan dan kesejahteraan petani, di Dukuh Prigi Kulon, Desa Ketandan, Klaten,Rabu (21/3/2018).

Danramil 24/Klaten Utara Kapten Inf Joko Sulantoro mengatakan, padi merupakan salah satu jenis tanaman pangan paling penting untuk kebutuhan pokok, padi juga merupakan salah satu tanaman budidaya sumber karbohidrat utama bagi sebagian besar masyarakat.

“Dengan program Pemerintah Swasembada Pangan melalui Upsus yang melibatkan Babinsa sangat diharapkan dapat secepatnya terwujud sebagai daerah swasembada pangan dan standar target tercapainya kesejahteraan masyarakat, “terangnya.

Sementara Serma Sarwana mengungkapkan, Upsus menerapkan Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) dengan mencanangkan peningkatan produksi beras. Hal ini bisa ditempuh dengan berbagai cara yakni dengan perluasan areal penanaman padi dan dengan intensifikasi.

“Intensifikasi bisa ditempuh dengan penerapan PTT yang diawali dengan pemilihan benih, cara persemaian dan cara tanam yang baik, memperkenalkan beberapa varietas unggul baru dan mendampingi petani dalam menerapkan PTT,”ujarnya.

“Adapun tujuan penerapan PTT untuk meningkatkan pendapatan petani melalui penerapan teknologi yang cocok untuk kondisi setempat yang dapat meningkatkan hasil gabah dan mutu beras serta menjaga kelestarian lingkungan,”Serma Sarwana.

Babinsa menyampaikan, mengetahui dan memahami pemilihan benih, penyiapan persemaian, pengolahan tanah,, cara semai, cara tanam padi sawah akan mendapatkan tanaman yang sehat, produktivitas yang tinggi dengan masukan biaya yang rendah. “Tanaman yang sehat merupakan persyaratan utama yang harus dipenuhi agar produktivitas tinggi. Untuk itu sejak awal, tanaman padi harus diperlakukan sebaik mungkin,”tuturnya.(Pendam 4)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Klaten Utara Dampingi Petani Terapkan Pengelolaan Tanaman Terpadu