Skip to main content
Kodam VI/Mulawarman

Babinsa Makroman Bekali Petani Teknis Penjemuran Padi

Dibaca: 90 Oleh 14 Mar 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Samarinda. Babinsa Koramil 0901- 02/Samarinda Ilir Serka Iswandi bersama Pasiter Kodim 0901/Smd Kapten Inf Suntari melaksanakan kegiatan Serapan Gabah Petani (Sergap), di Desa Makroman, Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda, Senin (12/3/2018).

Kehadiran prajurit TNI di wilayah binaan pasca panen padi ini dalam rangka memberi pendampingan pengeringan padi kepada Kelompok Tani Bina Karya.

Babinsa Serka Iswandi mengatakan, kegitan ini dalam rangka mendukung program swasembada pangan nasional yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia harus tercapai serta mendukung Sergap.

“Wilayah binaan harus mandiri di bidang pangan yaitu padi, jagung dan kedelai serta harus diikuti dengan upaya peningkatan produksi/produktivitas dan penekanan susut hasil panen saat pengeringan sehingga Gabah Kering Giling (GKG) dapat berkualitas bagus,”ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, para petani kurang memahami permasalahan yang ditemukan di lapangan terkait pengeringan untuk mendapatkan Gabah Kering Giling yang siap ditampung oleh Bulog dengan harga Rp.5000/Kg.

“Untuk penjemuran gabah yang harus diperhatikan yakni lantai jemur harus memenuhi persyaratan dan minimnya terpal saat panen raya, tempat menampung (gudang) harus memadai dan mesin pengeringan dikala musim hujan, “ungkapnya.

Baca juga:  Koramil 0908-02/Muara Badak Laksanakan Perbaikan Tanggul

“Pengeringan dengan sinar matahari merupakan cara paling sederhana dan paling murah sehingga teknik inilah yang banyak digunakan di Indonesia. Cara ini dapat diterapkan disemua metode pengiringan yang dipilih yakni dengan mempraktekkan pengeringan yang baik,”tutur Serka Iswandi.(Pendam 6)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel