TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bantu Petani, Berjibaku Dengan Lumpur pun Tidak Masalah

By 10 Mar 2018 11:24Kodam IV/Diponegoro
IMG-20180310-WA0003

TNI AD-Magelang. Dalam rangka memberikan pendampingan kepada petani, Babinsa Serda Eko Suparmin prajurit Koramil 06/Grabag Kodim 0705/Magelang terjun ke sawah membantu salah seorang petani binaannya, di Desa Sugihmas, Kecamatan Grabag, Magelang, Kamis (8/3/2018).

Lahan seluas 1200 meter milik Jumadi (47 tahun) tersebut rencananya akan ditanami padi varietas IR 64, karena dinilai lebih tahan terhadap cuaca ekstrim, mengingat akhir-akhir ini sering terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang.

Serda Eko Suparmin mengatakan, banyak tanaman padi siap panen yang roboh akibat hujan lebat disertai angin, sehingga mencoba menanam padi IR 64 yang karakter rumpun lebih pendek dan lebih tahan terhadap hama.

“Kita harapkan dengan padi jenis IR 64 ini, padi akan lebih kuat dan kokoh, sehingga tidak mudah diterpa angin. Semoga dengan jenis ini, para petani pun bisa memperoleh hasil yang lebih meningkat lagi,”ujarnya.

Babinsa Eko menuturkan, pekerjaan turun ke sawah mendampingi petani binaannya bukan kali ini saja dilakukan, tetapi sudah menginjak tahun ketiga. “Pekerjaan ini sangat mengasyikkan, karena bisa bersenda-gurau bersama para petani. Dengan begitu, kita akan lebih mudah mengetahui kesulitan dan hambatan yang dialami para petani,”ucapnya.

“Saat turun ke sawah mendampingi para petani, saya merasa sangat senang dan dekat dengan mereka, mungkin karena orang tua saya juga gemar bertani, jadi saya seperti membantu orang tua sendiri,” tutur Eko penuh semangat.(Pendam 4)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bantu Petani, Berjibaku Dengan Lumpur pun Tidak Masalah