TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dinas Infolahta TNI AD Gelar Lomba CTF.

By 02 Mar 2018 18:32Dinas Penerangan
WhatsApp_Image_2018-03-02_at_17.23.26

TNI AD-Jakarta. Komunitas Teknologi Informasi Komputer TNI AD (TIK-AD) menyelenggarakan kompetisi online keamanan informasi Capture The Flag (CTF) yang pertama memperebutkan piala Kepala Dinas Informasi dan Pengolahan Data (Kadisinfolahta) TNI AD yang berlangsung dari tanggal 2-5 Maret 2018, di Jakarta.

WhatsApp_Image_2018-03-02_at_17.23.25

Lomba ini mengusung tema “Bersama Rakyat, TNI AD Memperkuat Keamanan Informasi”.

Masalah keamanan informasi menjadi salah satu perhatian pemerintah dalam beberapa tahun terakhir ini sehingga secara resmi dibentuk Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) di akhir tahun 2017.

Sebagai satuan yang bertanggungjawab terhadap kegiatan pengembangan sistem informasi di lingkungan TNI AD, Dinas Infolahta TNI AD bekerwajiban turut serta membantu pemerintah mencari solusi untuk meningkatkan keamanan informasi tidak hanya bagi kepentingan TNI AD, tetapi juga kepentingan nasional.

WhatsApp_Image_2018-03-02_at_17.23.27

Terbentukanya komunitas TIK-AD di awal tahun 2017 yang anggotanya termasuk masyarakat sipil yang profesional di bidang TIK, menunjukkan keseriusan TNI AD melalui Dinas Infolahta TNI AD untuk melibatkan masyarakat dalam membantu tugas pokok TNI AD, meningkatkan pertahanan dan keamanan negara, dalam hal ini keamanan informasi.

“Di era informasi ini kemanunggalan TNI AD dengan rakyat dalam bidang TIK, khususnya yang berkaitan dengan sistem dan teknologi keamanan informasi, sudah seharusnya terjadi dan dikelola secara profesional dan berkelanjutan “ucap Brigjen TNI Dr. Nugraha Gumilar, MSc., Kepala Dinas Infolahta TNI AD, yang juga Ketua Umum Komunitas TIK-AD.

Komunitas TIK-AD sendiri terbentuk sebagai hasil penyelenggaraan Hackathon Piala Kasad I tahun 2016. Beberapa peserta Hackathon yang juga anggota komunitas TIK-AD berhasil diterima sebagai personel TNI AD.

Setelah selesai mengikuti pendidikan ketentaraan, mereka nantinya akan memperkuat SDM TIK di lingkungan TNI AD, khususnya di Dinas Infolahta TNI AD.

Staf Ahli Kasad Bidang TIK yang juga Ketua Harian Komunitas TIK-AD, Dr. Ir. Benny Ranti, MSc., mengatakan, dampak positif dari event kompetisi TIK yang melibatkan masyarakat ini, komunitas TIK-AD akan terus menyelanggarakan event CTF dan Hackathon di masa mendatang dengan topik-topik TIK yang menantang dan terkini serta melibatkan penyedia produk dan jasa TIK yang lebih luas.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 297 tim yang terdiri dari kategori TNI 36 tim, pelajar dan mahasiswa 165 tim, dan kategori umum 96 tim. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dinas Infolahta TNI AD Gelar Lomba CTF.