Kodam Jaya

Kawal NKRI, Setiap Komponen Bangsa harus Memupuk Rasa Nasionalisme

Oleh 13 Mar 2018 No Comments
#TNIAD 

TNI AD – Bogor. Danramil 06/Setiabudi Mayor Inf Budi Winoto, SH memaparkan Ancaman Proxy War Terhadap Keutuhan NKRI kepada 106 anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), di Hotel Forest Resort Jl. RE. Sumatadiredja No. 99 Pamoyanan, Bogor Selatan, Jawa Barat, Minggu (10/3/2018).

bra4b

Danramil menjelaskan, Wawasan Kebangsaan (Wasbang) adalah cara pandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah meliputi tanah (darat), air (laut) termasuk dasar laut, tanah di bawahnya dan udara di atasnya secara tidak terpisahkan meliputi aspek politik, ekonomi, sosial budaya dan Hankam.

Budi Winoto menceritakan, sejarah perjalanan nusantara hingga era pergerakan nasional dan zaman kemerdekaan lengkap dengan lika-liku perjuangannya. Hingga saat ini, Indonesia tetap tegak berdiri sebagai bangsa yang besar. “Untuk mengawal kelangsungan hidup NKRI agar tetap lestari, maka setiap komponen bangsa harus terus memupuk rasa Nasionalisme melalui pemahaman Wasbang untuk meningkatkan ketahanan nasional,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengajak untuk meningkatkan kerukunan dan toleransi dalam kemajemukan anak bangsa, sehingga dapat menangkal aksi adu domba di segala bidang kehidupan berbangsa.

Baca juga:  “My Soldier, I’m Proud Of You Di Resimen Arhanud-1 Kodam Jaya”

“Kita harus selalu waspada terhadap setiap upaya yang akan menghancurkan bangsa Indonesia dari semua aspek kehidupan masyarakat. Kita harus melawan infiltrasi, penetrasi kebudayaan, eksploitasi ekonomi dan upaya adu domba terhadap sesama anak bangsa dengan segala bentuk manifestasinya,” pungkasnya.

Kegiatan Wasbang ini diikuti empat LSM seperti SOKSI, Forum Pemuda Peduli Jakarta, Forum Kerukunan Nasional dan Konsorsium Potensi Pemberdayaan Masyarakat dengan tujuan meningkatkan pemahaman Wasbang bagi anggota LSM.(Pendam Jaya)

Komentar