TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim Demak Gelar Gerakan Menanam 5000 Pohon

By 01 Mar 2018 Kodam V/Brawijaya
8a__2_

TNI AD–Demak. Dalam upaya mengurangi dampak pemanasan global, sekaligus menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, Kodim 0716/Demak beserta jajarannya turut serta dalam penanaman 5000 pohon dan pelestarian biota, program penghijauan dan pelepasan ribuan ikan, di wilayah Dukuh Kedung Dolog, Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Minggu (25/2/2018).

Bupati Demak H.M. Natsir mengatakan, pelestarian alam dengan menanam pohon merupakan tanggung jawab bersama, bukan pemerintah semata. Menurutnya saat menanam pohon, kita sedang menanam doa dan harapan untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang. “Upaya yang harus dilakukan untuk menjaga agar lingkungan tetap asri, yaitu dengan banyak menanam pohon. Sehingga oksigen dan air tanah di Kabupaten Demak akan lebih terjaga,” ungkapnya.

Bupati juga menghimbau supaya masyarakat dapat turut berperan aktif memanfaatkan lahan dan halaman rumah dengan penghijauan,tanaman produktif, serta tanaman obat keluarga. “Saya sangat apresiatif dengan kegiatan yang dilakukan para relawan yaitu penanaman pohon di area hutan dan penebaran benih ikan di hulu Sungai Dolok,” ucapnya.

8a__6_

Sementara itu, Pasi Intel Kodim 0716 Demak Kapten Inf Rahmad Sugiarto menyampaikan, penghijauan tersebut sebagai momentum gerakan Indonesia menanam 5000 pohon dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. “Jenis pohon yang ditanam terdiri dari pohon Kosambi, pohon mahoni, mangga dan jambu masing-masing dengan jumlah 5000 pohon serta menabur 1300 ekor benih ikan lele dan nila,” tandasnya.

Ia juga mengharapkan untuk menjaga keberlangsungan tanaman tersebut diperlukan koordinasi dan kerjasama semua pihak untuk mengawasi dan merawat tanaman, sehingga tanaman tersebut bisa tumbuh kembang dengan baik, dan tidak ada yang merusaknya.

Kegiatan yang digagas oleh Relawan Penanggulangan Bencana (PB) Angling Kusumo dan BPBD Kabapaten Demak serta segenap komponen masyarakat ini, mengusung tema “Sayangi Bumi Bersihkan Sampah”. Adapun tujuannya yaitu untuk menanggulangi bencana alam.

Hadir dalam acara pengijauan tersebut diantaranya Wakil Bupati Demak Drs. Joko Susanto, AKP Budi Harsono (Polres Demak), Anggota DPRD Ulin Nuha S.Pdi, Muspika Kecamatan Mranggen dan Kades Banyumeneng Muntoha.(Pendam V/Brw)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim Demak Gelar Gerakan Menanam 5000 Pohon