Skip to main content
Kostrad

Kostrad Bersama Puskesmas Yowoong Gelar Posyandu di Perbatasan

Dibaca: 15 Oleh 29 Mar 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Papua. Satgas Yonif Para Raider 501/Kostrad bekerjasama dengan Puskesmas Pembantu Kampung Yowoong menggelar kegiatan Posyandu, di Kampung Yowoong, Kecamatan Arso, Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (27/3/2018).

Kegiatan yang dipimpin oleh Komandan Kompi (Danki) A Satgas Yonif Para Raider 501/Kostrad Lettu Inf Dalimunte serta dihadiri istri Bupati Keerom, Ny. Cicih Mintarsih Markum.

Kegiatan yang dilakukan yaitu penimbangan berat badan Balita, pemberian imunisasi campak dan imunisasi BCG terhadap 35 Balita.

Usai pelaksanaan Posyandu di Puskesmas, prajurit Satgas bersama dengan Ny. Cicih Mintarsih Markum melakukan patroli Posyandu dari rumah ke rumah. Patroli ini dilakukan karena jumlah anak yang diimunisasi tidak sesuai dengan data jumlah Balita yang diterima oleh pihak Puskesmas.

Selain itu, masih banyak warga Kampung Yowoong yang beranggapan bahwa imunisasi bisa menyebabkan anak menjadi sakit, jadi perlu diadakan sosialisasi tentang pelaksanaan imunisasi agar menarik minat masyarakat untuk mengikutinya.

Dalam kegiatan door to door itu, Satgas bersama Ny. Cicih mengecek warga yang memiliki Balita namun belum diimunisasi. Setelah berkeliling dari rumah ke rumah, didapat 8 anak Balita yang tidak hadir ke Posyandu dan langsung diberikan imunisasi di rumahnya sendiri.

Baca juga:  Kostrad Dan Usarpac Latihan Bersama Pertempuran Kota

Lettu Inf Dalimunte berharap, kegiatan Posyandu ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan Balita yang ada di Kampung Yowoong, sekaligus dapat mengubah pola pikir masyarakat Kampung Yowoong yang beranggapan bahwa imunisasi bisa membuat anak menjadi sakit.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pembantu Kampung Yowoong, Ny. Mery juga mengapresiasi prajurit Satgas atas kepedulian dan partisipasinya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Kampung Yowoong.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada prajurit Satgas, walaupun tugas pengamanan perbatasan tidak ada hubungannya dengan Posyandu, akan tetapi prajurit Satgas turut serta mengajak dan bekerja sama dengan instansi terkait untuk melakukan Posyandu, sekaligus mendatangi satu persatu rumah warga. (Pen Kostrad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel