Skip to main content
Berita Satuan

Menlu : Dunia Menaruh Harapan Besar Kontribusi Indonesia Dalam Perdamaian Dunia

Dibaca: 42 Oleh 01 Mar 2018Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD-Lebanon. Kontribusi Indonesia dalam perdamaian dunia tidak terbantahkan dan memiliki sejarah panjang serta track record yang baik, sehingga dunia menaruh harapan yang besar terhadap komitmen serta kontribusi Indonesia.

Demikian sambutan Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi saat berkunjung ke Markas Indonesia Battalion (Indobatt) UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon), di Adchit Alqusayr, Lebanon Selatan, Senin (26/2/2018).

Menlu Retno memberikan apresiasi luar biasa kepada Kontingen Garuda atas berbagai prestasi yang telah ditorehkan dalam menjalankan misi perdamaian di Lebanon Selatan ini. “Selama ini kontribusi berkesinambungan dan rekam jejak yang baik dalam perdamaian dunia telah mendorong Indonesia mengajukan diri untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020,”ujarnya.

Dalam rangkaian kunjungan ini, Menlu juga melihat langsung kegiatan kemanusiaan yaitu pelayanan kesehatan yang diberikan Tim Medis Indobatt yang dipimpin oleh 2 Dokter Wanita TNI kepada masyarakat setempat.

“Saya sangat bangga karena Woman Peacekeepers Indonesia jumlahnya terus meningkat setiap tahun, ini merupakan bentuk kepercayaan dunia serta nilai tambah untuk mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Saya yakin tugas ini tidaklah ringan karena harus meninggalkan keluarga dan negara demi tugas mulia ini,”ungkap Menlu Retno.

Baca juga:  Peduli Kesehatan Warga Perbatasan, Satgas Yonarmed 3 Berikan Pelayanan Gratis Warga Eban

7a__4_

Sementara itu, Komandan Kontingen Garuda TNI Unifil Kolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo menjelaskan secara garis besar pelaksanaan tugas tentang kedekatan khusus antara Pasukan Garuda dengan masyarakat Lebanon. “Kedekatan tersebut dilaksanakan dengan metode pendekatan teritorial dan kepedulian kepada sosial budaya masyarakat, ucapnya

“Pasukan Indonesia mudah diterima karena dikenal ramah-tamah, murah senyum, tegur sapa saat berinteraksi terhadap warga sipil dan anak-anak,”tutur Kolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo.

Hadir pula dalam kegiatan ini Komandan Satgas Indobatt XXIII-L Letkol Inf Arfan Johan Wihananto S.I.P., beserta jajaran Perwira Kontingen Garuda lainnya dalam sebuah acara di Medical Camp di Baladiyah (Kantor Distrik) Ett Teibe yang merupakan Area of Responsibility dari Indobatt. (Puspen TNI).

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel