Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Pangdam Apresiasi Yayasan Soerjo Modjopahit Bangun Taman Perdamaian Dunia

Dibaca: 35 Oleh 20 Mar 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD-Surabaya. Jawa Timur, merupakan salah satu wilayah yang terkenal dengan destinasi maupun lokasi-lokasi bersejarah pada masa kerajaan. Tak hanya kerajaan Singasari, wilayah tersebut juga merupakan salah satu markas terbesar kerajaan Majapahit kala itu.

Hal tersebut, diungkapkan salah satu putra Pahlawan Nasional Bung Tomo, Bambang Sulistomo ketika menggelar audiensi di ruangan kerja Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman, M. A. Senin (19/3/2018).

Menurutnya, pengenalan sejarah kepada masyarakat dinilai penting untuk dilakukan. Selain menghormati jasa-jasa pendahulu, pengenalan sejarah tersebut juga memiliki dampak yang sangat bagus bagi para generasi penerus bangsa.

“Kami berencana untuk membangun Taman Perdamaian Dunia Soerjo Modjopahit (TPDSM), sebagai pusat penelitian, pengkajian, sekaligus pelestarian nilai-nilai luhur warisan budaya Majapahit, yang kala itu menghiasi nusantara selama hampir 2 abad lamanya,”ungkap Ketua Pembina Yayasan Soerjo Modjopahit (YSM) ini.

Selain sebagai pusat pengkajian dan penelitian, Bambang menuturkan, perencanaan pembangunan warisan leluhur tersebut, dapat dijadikan suatu common denominator menguatnya kembali semangat persatuan bangsa Indonesia. “Diharapkan, pembangunan ini nantinya juga sebagai simbol eratnya rasa persaudaraan bangsa-bangsa di dunia,”ujarnya.

Baca juga:  Pangdam V/Brw Tinjau Bakti TNI Renovasi Rumah/RTLH di Kabupaten Sidoarjo

Mendengar rencana membangun TPDSM, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, M. A. sangat mengapresiasi hal tersebut. Menurutnya, berbagai aspek di Makodam saat ini, juga memiliki kesamaan dengan aspek yang menjadi pedoman kerajaan Majapahit. “Slogan untuk terus berbuat yang terbaik kepada rakyat, tetap kami pegang teguh selama mengemban tugas sebagai prajurit,” ungkapnya.

Tak hanya apresiasi saja, Pangdam juga menginstruksikan jajaran di wilayah teritorialnya untuk ikut berperan dalam rencana pembangunan tersebut. “Kita akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan masing-masing Komandan Satuan (Dansat) mengenai pembahasan perencanaan pembangunan itu,” tuturnya.

Perlu diketahui, pembangunan Taman Perdamaian Dunia Soerjo Modjopahit, merupakan gagasan Hj. Sulistiana, yang merupakan istri Bung Tomo. Menurut rencana, pembangunan tersebut akan dipusatkan di Desa Pakis, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel