Skip to main content
Kodam II/Sriwijaya

Pangdam II/Swj Ingatkan Prajurit dan PNS Junjung Tinggi Netralitas TNI

Dibaca: 8 Oleh 20 Mar 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD-Palembang. Dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 di wilayah Kodam II/Swj mendatang, seluruh prajurit dan PNS untuk tetap menjunjung tinggi sikap netralitas TNI dari segala bentuk politik praktis dimanapun bertugas dan berada, serta senantiasa membina kemanunggalan TNI-Rakyat.

Hal tersebut disampaikan Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Dr. Marga Taufiq, S.H., M.H., pada upacara bendera 17-an, bertempat di lapangan Apel Makodam II/Swj Jalan.Jenderal Sudirman Km. 2,5 Palembang, Sumatera Selatan, Senin (19/3/2018).

Pangdam mengatakan, netralitas TNI merupakan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. “Pada Pasal 39 disebutkan bahwa prajurit TNI antara lain dilarang terlibat dalam kegiatan menjadi anggota partai politik dan kegiatan politik praktis,”ujarnya.

Pangdam mengungkapkan, agar tidak terjadi pelanggaran netralitas prajurit maupun PNS TNI. TNI akan membentuk Tim Pengawas nertalitas yang personelnya akan diisi oleh para Aparat Intelijen. “Tim ini bertugas untuk mengawasi dan memonitor pelaksanaan netralitas TNI serta menerima laporan dari masyarakat jika ditemukan adanya keberpihakan atau ketidaknetralan yang dilakukan oleh prajurit maupun PNS TNI,”ungkapnya.

Baca juga:  Antisipasi Musim Penghujan, Satgas Yonarhanud 11/WBY Bersihkan Saluran Air Dusun Waitomu

“Selain itu, bagi personel dan satuan jajaran Kodam II/Swj yang telah disiapkan untuk melaksanakan tugas perbantuan kepada Polri dalam pengamanan Pilkada, agar benar-benar melaksanakan tugasnya secara profesional sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku,”tutur Mayjen TNI AM. Putranto.

Upacara 17-an ini diikuti oleh para Perwira Staf Ahli Pangdam, para Asisten Kasdam II/Swj, Perwira LO AU, para Dan/Kabalakdam II/Swj dan segenap Prajurit dan PNS jajaran Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel