TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Panglima TNI Tinjau Pelaksaan Apel Dansat TNI AD

By 16 Mar 2018 14:14Dinas Penerangan
WhatsApp_Image_2018-03-16_at_13.41.22

TNI AD – Citu Lembang. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau pelaksaaan Apel Komandan Satuan Angkatan Darat (Apel Dansat TNI AD) terpusat tahun 2018 yang digelar di daerah Pusat Pendidikan latihan Kopassus (Pusdiklat Passus) Situ Lembang, Bandung, Jawa Barat, Jumat (16/3/2018)

Dalam kunjungannya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono beserta pejabat teras Mabes TNI dan Mabes TNI Angkatan Darat.

WhatsApp_Image_2018-03-16_at_13.42.43

Dalam pengarahannya dihadapan peserta Apel Dansat Terpusat TNI AD tahun 2018, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan kembali tentang netralitas TNI pada Pilkada serentak tahun 2018 yang tidak lama lagi akan digelar serta pemilu legislatif dan Pilpres 2019.

Dihadapan peserta Apel Dansat TNI AD terpusat ini, Panglima TNI juga menyampaikan berbagai perkembangan global yang perlu dicermati, antara lain masalah terorisme, peredaran narkoba, penyebaran berita hoax, perbatasan antar negara hingga perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat.

“Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat cara orang berfikir dan bertindak menjadi lebih cepat. Teknologi yang semakin mudah dan internet menjadi katalisator aktifitas manusia. Hal ini menuntut kita semua harus berfikir prediktif dan respon yang cepat dan tepat ketika terjadi permasalahan yang terus berubah-ubah dan bervariasi“ ujar Panglima TNI.

WhatsApp_Image_2018-03-16_at_13.41.22_1_

Ditegaskan Panglima TNI, saat ini di Indonesia masih terjadi perdebatan apakah militer berperan dalam mengatasi terorisme, walaupun terorisme merupakan kejahatan terhadap negara karena ingin mengubah konstitusi negara. Spektrum ancaman yang semakin melebar juga membuat spektrum operasi pun semakin meluas mulai dari operasi bantuan kepada masyarakat sipil, operasi perdamaian dunia, penanganan konflik bersenjata hinga operasi militer untuk perang.

“Oleh karenanya kita harus tetap melatih diri dan mengembangkan kapasitas untuk menghadapi ancaman-ancaman seperti itu. TNI harus menjadi organisasi yang adaptif dalam menyiapkan diri melaksanakan spektrum operasi yang semakin kompleks tersebut dengan terus belajar dan berlatih dari pengalaman di dalam negeri maupun luar negeri,” ujarnya.

Pada kunjungan peninjauan di Apel Dansat TNI AD terpusat ini, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga berkesempatan meninjau static display berbagai macam perlengkapan tempur milik TNI yang dipamerkan, pengenalan perang hutan serta melaksanakan penanaman pohon di daerah latihan Pusdik Passus Situ Lembang. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Panglima TNI Tinjau Pelaksaan Apel Dansat TNI AD