TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Kodim Magelang Ikut “Njegur Kali Ngresiki Sampah”

By 15 Mar 2018 10:41Kodam IV/Diponegoro
bra2a

TNI AD – Magelang. Ratusan personel TNI-Polri, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), LSM, Ormas dan Komunitas Kali Bersih Magelang ramai-ramai turun ke Kali Manggis, tepatnya di sisi Jalan Ikhlas Kota Magelang, Selasa (13/3/2018).

Aksi “Njegur Kali Ngresiki Sampah” (Masuk sungai untuk bersihkan sampah) merupakan rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional. Tema tersebut sengaja diambil untuk menggunggah kepedulian dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan khususnya sungai.

Sebelum pelaksanaan kerja bakti massal Njegur Kali, terlebih dulu dilakukan apel yang dipimpin oleh Asisten II Kota Magelang Drs. Joko Budiono, M.M.

bra2b

Dihadapan ratusan peserta aksi Njegur Kali, Joko Budiono mengatakan bahwa sampah merupakan salah satu persoalan yang harus ditangani secara serius. Karena apabila tidak ditangani secara serius maka sampah akan menjadi persoalan yang cukup sulit.

“Sampah bisa menimbulkan penyakit dan berbagai masalah lain, untuk itu perlu dilakukan penanganan secara serius yang tepat dan terarah dari hulu sampai ke hilir, sehingga dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat, lingkungan dan bagi kehidupan,”ujarnya.

Salah satu peserta aksi Njegur Kali, Sersan Satu Mukhlisin mengatakan, pembersihan kali seperti ini perlu dilakukan secara terus menerus agar kebersihan kali bisa terjaga. Diperlukan pengawasan dan aturan yang berkaitan dengan masalah kali. Misalnya diberikan denda bagi siapa saja yang membuang sampah di kali sembarangan.

“Kota Magelang akan terasa lebih indah dan asri jika didukung oleh kebersihan kali yang ada di wilayah kota”ujar Mukhlisin.

Dalam aksi Njegur Kali ini, Kodim 0705/Magelang mengirimkan 1 SST personelnya untuk bergabung dengan elemen lainnya dalam kegiatan bersih-bersih kali di Kota Magelang.(Pendam 4)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Kodim Magelang Ikut “Njegur Kali Ngresiki Sampah”