Skip to main content
Kodam XVII/Cenderawasih

Prajurit TNI-Kemenkes Lakukan Pendampingan di Asmat

Dibaca: 17 Oleh 05 Mar 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD-Papua. Distrik Akat merupakan salah satu Distrik yang letaknya terdekat dari Agats, Kabupaten Asmat. Walaupun demikian, di Puskesmas (PKM) Ayam Distrik Akat ini masih belum mempunyai dokter umum serta keterbatasan fasilitas lainnya.

Melihat kondisi tersebut, Tim III Satgaskes TNI mengirimkan salah satu dokter terbaiknya beserta tim pendampingan dari Kementerian Kesehatan RI ke Agats, Papua, Sabtu (3/3/2018).

bra9b

Tim yang dipimpin oleh Lettu Ckm dr. Arief Fakhrizal ini beranggotakan dr. Hermanta dan ahli gizi Luthfia dari Kemenkes.

Saat ini, PKM tersebut memiliki pelayanan rawat inap dengan 4 tempat tidur dan melayani 11 Kampung di wilayah tersebut.

Dalam proses pendampingan dan penguatan PKM Ayam tersebut, selain tim Satgaskes TNI dan Kemenkes, juga mengikutsertakan seorang personel dari Batalyon 755/Yalet sebagai Pengawal Taktis (Waltis), 2 orang perwakilan dari Kemenkes, 1 orang Babinsa serta 2 personel PKM Ayam.

Selama proses penguatan itu, tim melakukan sweeping vaksin campak, vitamin A, pelayanan medis baik rawat jalan maupun rawat inap di PKM dan pemantauan status gizi di empat kampung dan empat sekolah di Distrik Akat.

Baca juga:  Basmi Narkoba dan Miras, TNI Gelar Sweeping di Perbatasan

Sejauh ini, tim tersebut telah memberikan pelayanan penyuntikan vaksin campak kepada 302 anak, pemberian vitamin A kepada 259 anak, pemantauan status gizi kepada 168 Balita dan memberikan pelayanan medis berupa pengobatan umum kepada 69 orang warga setempat.

Dari hasil pemantauan status gizi tersebut, didapatkan sebanyak 18 anak gizi buruk. Mereka langsung ditangani dengan pemberian dan diajari cara membuat Formula 75/100 dan paket PMT/ susu. (Pendam VXII/Cen)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel