TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit TNI Selamatkan Warga Dari Gigitan Ular di Perbatasan

By 10 Mar 2018 11:40Kodam IX/Udayana
IMG-20180310-WA0012

TNI AD – Belu. Dua prajurit TNI dari Pos Laktutus Satgaspamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY selamatkan warga dari gigitan ular hijau (samodok).

Kejadian berawal dari adanya laporan dari salah satu warga ke Pos Laktutus bahwa ada warga yang Yulius Moruk (68 tahun) digigit ular hijau di Dusun Fatubesi A, Desa Fohoeka, Kecamatan Nanaet Dubesi, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Kamis (8/3/2018).

IMG-20180310-WA0011

Tim kesehatan Satgas Pamtas Praka Ketut Minggu Widiartha dan Pratu Satriawan yang saat itu sedang piket, tanpa berpikir panjang langsung menuju ke Yulius Moruk yang berjarak kurang lebih 6 km dari pos.

Setibanya di rumah Korban, kedua prajurit TNI itu dengan sigap melakukan pertolongan pertama dengan membersihkan luka bekas gigitan dan menghentikan perdarahan dengan menggunakan perban. Selanjutnya berkoordinasi dengan Puskesmas untuk dilakukan evakuasi menggunakan ambulance.

Menurut keluarga korban, kejadian terjadi pada siang hari dimana Yulius Moruk sedang membersihkan pekarangan rumah, tiba-tiba menjerit kesakitan akibat gigitan ular hijau di kaki kirinya.

Karena kondisi medan yang di daerah tersebut berlumpur, ambulance untuk mengevakuasi korban terhambat, sehingga Praka Ketut Minggu segera melakukan evakuasi dengan cara menggendong korban sejauh 500 meter dari rumah korban menuju mobil ambulance.

Kepala Puskesmas Laktutus Yariflen Orias Oematan Skm., mengatakan bahwa yang dilakukan tim kesehatan Satgas Pamtas patut diapresiasi. Mereka dengan sigap dan cepat melakukan pertolongan pertama, sehingga selain membantu korban, juga membantu pihak Puskesmas.

Sementara itu Komandan Batalyon 743/PSY Mayor Inf Putu Tangkas Wiratawan, S.I.P., saat dihubungi via telpon membenarkan akan kejadian tersebut. Dirinya juga telah menerima laporan dari Danpos Laktutus Danyon 743/PSY, sehingga langsung memerintahkan prajurirnya ke lokasi sasaran.

Camat laktutus Michael Bria S. Sos., mengucapkan terima kasih kepada Pos TNI di perbatasan khususnya Pos Laktutus. “Saya ucapkan terima kasih kepada TNI di Pos Laktutus. Selain menjaga wilayah perbatasan NKRI, anggota pos juga sering aktif membina warga dan membantu warga apabila ada warga yang mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan,”ungkapnya. (Pendam IX/Udy)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Pasukan Garuda Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya Kodam IV/Diponegoro Kodam XVI/Patimura Kodam I/Bukit Barisan Kodam Iskandar Muda Kodam XIV Hassanudin
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit TNI Selamatkan Warga Dari Gigitan Ular di Perbatasan