Skip to main content
Berita Satuan

Satgas TNI Pimpin Upacara Bendera, Setelah Sekolah Ini Tak Melaksanakannya Selama 5 Tahun

Dibaca: 77 Oleh 15 Mar 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Keerom. Upacara bendera bukan sekedar seremonial belaka yang selalu dilaksanakan para pelajar setiap Hari Senin dalam mengawali kegiatan dalam satu minggu. Namun dibalik makna upacara bendera itu sendiri tersimpan tujuan yang sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan bangsa.

SMPN 1 Waris, di Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, tidak pernah menyelenggarakan upacara bendera dalam 5 (lima) tahun terakhir ini. Pasalnya, SMPN 1 Waris sendiri hanya memiliki 3 orang tenaga pendidik atau guru, 1 orang Kepala Sekolah, 1 orang tata usaha dan 1 orang penjaga sekolah.

Sementara itu untuk jumlah peserta didik/murid di SMPN 1 Waris berjumlah 82 orang, namun untuk tingkat kehadiran siswa setiap harinya tidak lebih dari 30 orang.

Untuk itu, Satgas Yonif 121/Macan Kumbang merasa memiliki tanggung jawab moral menghidupkan dan memulai kembali upacara bendera yang selama ini tidak dilaksanakan.

bra1a

Tepatnya pada Senin (12/3/2018) kemarin, untuk pertama kalinya upacara bendera di SMPN 1 Waris, kembali dilaksanakan dengan Pembina Upacara Komandan Pos (Danpos) Kalibom Satgas Pamtas Yonif 121/MK Letda Inf Alyas Yacob.

Baca juga:  Menteri-Pemda Berkoordinasi Urus Gafatar

Komandan Satgas Pamtas RI PNG Yonif 121/MK Mayor Inf Imir Faishal menyampaikan amanatnya kepada siswa, di antaranya kedisiplinan dan kesabaran, menumbuhkan rasa cinta tanah air, menanamkan jiwa nasionalisme dan menghormati jasa para pahlawan.

“Apabila keempat hal tersebut dapat dilaksanakan oleh anak-anak didik, niscaya para siswa ini dapat berguna bagi nusa dan bangsa untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan kita yang telah merelakan jiwa raganya demi kemerdekaan Indonesia,” katanya.

Ia melanjutkan, Satgas Pamtas RI PNG Yonif 121/MK selain bertugas menjaga perbatasan negara juga melaksanakan tugas teritorial, dimana tugas teritorial ini bersentuhan dan berinteraksi langsung dengan masyarakat.

“Membantu melaksanakan upacara bendera menjadi salah satu dari tugas teritorial Satgas Pamtas Yonif 121/MK ini,”ucap Imir Faishal.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Waris, Bakri, mengakui sekolah yang dipimpinnya mulai tahun 2012 hingga sekarang tahun 2018 tidak pernah menyelenggarakan upacara bendera.

Bakri juga berterimakasih kepada Satgas Yonif 121/MK, yang mau bekerjasama untuk melaksanakan upacara bendera di SMPN 1 Waris. Ia berharap ke depannya, Satuan Tugas TNI yang akan datang bisa seperti Satgas Yonif 121/MK mau bekerjasama dan membantu pihak sekolah.

Baca juga:  TNI Bersikap Netral, Tidak Bisa Ditawar-Tawar Lagi

“Alhamdullilah kita telah laksanakan upacara yang selama ini tidak pernah jadi dari tahun 2012 sampai 2018, baru pertama kali ini jadi sekitar lima tahun lebih kami tidak upacara. Sekarang, berkat kerja sama dengan Satgas Pamtas TNI, upacara bisa dilaksanakan,” pungkas Bakri.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel