TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tingkatkan Produksi Pangan, Babinsa Bantu Garap Sawah Dengan Traktor

By 13 Mar 2018 13:19Kodam IV/Diponegoro
bra7

TNI AD – Klaten. Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 12/Manisrenggo Serda Agung membantu Kelompok Tani Dwi Mulyo membajak sawah seluas 0,21 hektar dengan menggunakan hand traktor, di Dukuh Jetis, Desa Kebonalas, Kecamatan Manisrenggo, Klaten, Minggu (10/3/2018).

Serda Agung mengatakan, pengolahan sawah menggunakan hand traktor ini dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami. Hal ini karena sifat fisik tanah yang semula keras menjadi datar dan berlumpur.

“Sebelumnya Kelompok Tani Dwi Mulyo menggunakan hewan sapi atau kerbau untuk membajak sawah, karena membutuhkan waktu yang lama, sehingga petani saat ini menggunakan hand traktor guna mempersingkat waktu pengolahan sawah,”ujarnya.

Dirinya menambahkan, keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah tersebut yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus. Selanjutnya airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.“Dengan pengolahan lahan menggunakan traktor ini, diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, “ungkapnya.

“Dengan menggunakan alat ini, dapat mempercepat pengerjaan, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dapat meningkatkan hasil panen dalam rangka mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan nasional,” pungkas Serda Agung. (Pendam IV/Dip)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura PORAD Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya Puspen TNI Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tingkatkan Produksi Pangan, Babinsa Bantu Garap Sawah Dengan Traktor