Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

Tingkatkan Produksi Pangan, Babinsa Bantu Garap Sawah Dengan Traktor

Dibaca: 337 Oleh 13 Mar 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Klaten. Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 12/Manisrenggo Serda Agung membantu Kelompok Tani Dwi Mulyo membajak sawah seluas 0,21 hektar dengan menggunakan hand traktor, di Dukuh Jetis, Desa Kebonalas, Kecamatan Manisrenggo, Klaten, Minggu (10/3/2018).

Serda Agung mengatakan, pengolahan sawah menggunakan hand traktor ini dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami. Hal ini karena sifat fisik tanah yang semula keras menjadi datar dan berlumpur.

“Sebelumnya Kelompok Tani Dwi Mulyo menggunakan hewan sapi atau kerbau untuk membajak sawah, karena membutuhkan waktu yang lama, sehingga petani saat ini menggunakan hand traktor guna mempersingkat waktu pengolahan sawah,”ujarnya.

Dirinya menambahkan, keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah tersebut yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus. Selanjutnya airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.“Dengan pengolahan lahan menggunakan traktor ini, diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, “ungkapnya.

Baca juga:  Kodim Latih Anggota Pramuka

“Dengan menggunakan alat ini, dapat mempercepat pengerjaan, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dapat meningkatkan hasil panen dalam rangka mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan nasional,” pungkas Serda Agung. (Pendam IV/Dip)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel