Skip to main content
Berita Satuan

10.000 Wanita TNI dan Polwan Apel Bersama di Monas

Dibaca: 212 Oleh 26 Apr 2018Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Jakarta. Presiden RI Ir. H. Joko Widodo mempimpin apel besama sebanyak 10.000 personel yang terdiri dari Perwira Menengah (Pamen) dan Perwira Pertama (Pama) Wanita TNI (Kowad, Kowal, Wara) dan Polwan serta gabungan PNS TNI-Polri, ASN dari Kementerian dan Lembaga, Satpol PP, Tagana, Paskibraka, Menwa (UI, UPN, IPB) termasuk Pramuka dan perwakilan dari berbagai organisasi wanita, dalam rangka memperingati Hari Kartini Tahun 2018, di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Komandan apel pada apel bersama ini adalah Komandan Pusdik Kowad Kodiklat TNI AD Kolonel Chk (K) Tetty Melina.

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia telah menyaksikan Korps Wanita TNI dan Polri saat ini semakin tampil di depan menjalankan fungsi dan tugas pokok TNI dan Polri dalam memberikan rasa aman dan pelayanan kepada masyarakat termasuk semakin banyak menduduki posisi strategis di lingkungan TNI dan Polri.

Menurut Presiden, peran wanita semakin besar bukan karena kuota yang ditetapkan pemerintah, namun peran wanita semakin strategis karena masyarakat dan pemerintah butuh peran wanita, peran unik wanita dalam memberikan rasa aman dan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Baca juga:  Bela Diri Yong Moodo Untuk Menempa Kemampuan Prajurit

Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kontribusi saudari-saudari dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara.

“Saya bangga jumlah Korps Wanita TNI dan Polri semakin banyak dengan proporsi jabatan yang semakin besar. Ini menunjukan kontribusi saudari-saudari semua diakui dan harapan masyarakat juga semakin besar,” ucapnya.

Selanjutnya, Presiden RI Joko Widodo melaksanakan Penandatanganan Deklarasi dan mengucapkan Ikrar Perempuan Indonesia yang diikuti oleh seluruh peserta apel bersama dengan penuh semangat.

Gelar apel bersama Wanita TNI, Polwan dan segenap wanita komponen bangsa merupakan wadah yang menyatukan secara fisik berbagai kekuatan wanita Indonesia dalam bentuk apel bersama yang diikuti dengan beberapa demonstrasi ketrampilan para Wanita dari berbagai komponen dengan mengambil momen Hari Kartini.

Usai Apel Bersama, sebanyak 721 personel Wanita TNI dan Polwan mempersembahkan berbagai atraksi, diantaranya 406 personel memerankan kolosal perjuangan Laksamana Malahayati dan Perjuangan R.A. Kartini, 22 personel melakukan atraksi bela diri, 15 personel atraksi berkuda, 30 personel motor besar, 35 personel terjun payung dan 150 personel kolone senapan.

Baca juga:  Kasad Buka Rapim TNI AD Ta. 2016

Sebelumnya, Dharma Pertiwi, OASE Kabinet Kerja, Yayasan Kemala Bhayangkari serta Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri dan Pia Ardhya Garini, Wanita TNI dan Polwan mengirimkan perwakilannya pada kegiatan Bakti Sosial di Pulau Pramuka tanggal 14 Maret 2018, Joy Sailing di KRI dr. Soeharso-990 tanggal 5 April 2018, Asia Pacific Seminar di Hotel Kartika Chandra tanggal 20-22 April 2018 dan Kartini Run 2018 di Monas tanggal 22 April 2018.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Wakasal Laksdya TNI Achmad Taufiqoerrochman, Ketum Dharma Pertiwi Ny.Nanny Hadi Tjahjanto, Ketum Bhayangkari Ny. Tri Tito Karnavian, para Asisten Panglima TNI serta Kabalakpus TNI.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel