Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Babinsa dan PPL Desa Jatimulyo Dampingi Petani Panen Padi

Dibaca: 61 Oleh 18 Apr 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD-Jember. Kelompok Tani Sumber Makmur melaksanakan panen padi lahan sawah milik Nur Hanifan seluas dua hektar, di Dusun Beringinsari, Desa Jatimulyo, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Selasa (17/4/2018).

Pada panen yang dilaksanakan sebelumnya telah dilakukan ubinan dengan hasil sekitar 11 ton per hektar dan hasil tersebut menurut Nur Hanifan mengalami peningkatan dari musim tanam sebelumnya yang menghasilkan 10,7 ton per hektar.

Nur Hanifan juga menyatakan bahwa peningkatan hasil panen ini tentunya tidak lepas dari minimnya serangan hama pada musim tanam Oktober 2017-Maret 2018 serta intensitas pendampingan Babinsa bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) yang selalu memonitor tanaman bersama petani sehingga kalaupun ada serangan hama dapat dikendalikan dengan cepat dan tepat.

Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar mendukung kegiatan yang telah dilakukan oleh jajarannya tersebut, pendampingan saat ini fokusnya memang pada kegiatan panen dengan mengoptimalkan serapan gabah serta percepatan tanam para petani.

“Percepatan tanam itu sendiri tentunya dalam rangka mengefektifkan waktu dan biaya yang dikeluarkan oleh petani karena dengan menggunakan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) akan menghemat pengeluaran petani sekitar 35 persen hal tersebut tentunya sangat menguntungkan petani,”ujar Dandim.

Baca juga:  TNI Peduli Bencana, Babinsa Bantu Rakyat Korban Angin Puting Beliung

Sementara itu Danramil 0824/25 Jenggawah Kapten Ismianto membenarkan adanya kegiatan anggotanya tersebut, bahkan dirinya sudah memerintahkan kepada seluruh Babinsa dijajarnnya untuk aktif turun kelapangan bersama PPL serta petugas terkait guna serapan gabah serta percepatan tanam tersebut.

Babinsa 0824/25 Jenggawah Serda Iswahyudi dan PPL Didik S yang hadir dan melaksanakan pendampingan juga memberikan arahan diantaranya terkait dengan hasil panen yang dijual kepada Bulog. (Pendam 5)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel