TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Granat Tangan Temuan Warga di Perbatasan Sudah Diamankan TNI

By 03 Apr 2018 10:07Kodam XII/Tanjungpura
bra7

TNI AD – Kubu Raya. Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti, S. Sos membenarkan adanya penyerahan granat aktif dari warga perbatasan kepada anggota Satuan Tugas (Satgas) Kodam XII/Tanjungpura.

Hal itu disampaikan Kapendam di Kantor Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Jalan Arteri Alianyang No. 1 Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu (31/3/2018).

Kapendam mengatakan, penyerahan satu buah granat nanas tersebut diserahkan oleh Pungah (44 tahun) warga Dusun Sungai Enau, Desa Kaliau, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Menurut Pengah, granat nanas tersebut ditemukan secara tidak sengaja di tempat penyedotan pasir sungai.

“Kondisi granat nanas diperkirakan masih aktif, dan sudah diterima oleh anggota Satuan Tugas Kodam XII/Tanjungpura,” kata Kapendam XII/Tanjungpura Kolonel Inf Tri Rana Subekti.

Kapendam menyampaikan, penemuan granat ini berawal saat Pungah yang saat itu kerja rutin penyedotan pasir sungai, di Dusun Sungai Enau, Desa Kaliau, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas.

“Saat kegiatan penyedotan pasir, dirinya menemukan benda keras pada saat mencangkul tanah dipinggiran titik penyedotan. Setelah dilihat ternyata ada satu buah besi bulat agak lonjong dan mencurigakan, lalu diambil dan diamankan di dekat pohon besar sekitar lokasi penyedotan pasir,”ucapnya.

Atas temuannya tersebut, kemudian Pungah melaporkan kepada personel Satuan Tugas Kodam XII/Tanjungpura, selanjutnya anggota Satgas segera ke lokasi penyedotan pasir untuk mengecek barang tersebut dan ternyata granat jenis nanas.

“Untuk barang bukti, satu buah granat tangan jenis nanas, diserahkan dengan sukarela pada 27 Maret lalu di lokasi penyedotan pasir. Saat ini barang bukti tersebut sudah diamankan oleh Komandan Satuan Tugas Kodam XII/Tanjungpura,” pungkas Kapendam XII/Tanjungpura Kolonel Inf Tri Rana Subekti, S.Sos. (Pendam XII/Tpr).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Tips Kesehatan Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam VI/Mulawarman Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Granat Tangan Temuan Warga di Perbatasan Sudah Diamankan TNI